Kabar Politik

Dapat Restu Rachmat Gobel, Syamsu Botutihe Sah jadi Pendamping Merlan di Pilkada Bone Bolango

×

Dapat Restu Rachmat Gobel, Syamsu Botutihe Sah jadi Pendamping Merlan di Pilkada Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Ketua DPW NasDem Gorontalo, Rachmat Gobel bersama Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli dan Syamsu Botutihe.
Ketua DPW NasDem Gorontalo, Rachmat Gobel bersama Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli dan Syamsu Botutihe.

Hargo.co.id, GORONTALO – Teka-teki siapa yang akan menjadi wakil dari Merlan Uloli di Pilkada Bone Bolango akhirnya terjawab. Sosok itu adalah Syamsu Botutihe.

Berita Terkait:  Sandiaga: Sawaludin Saya Tunggu di DPR RI

badan keuangan

Syamsu bukanlah wajah baru di panggung perpolitikan Bone Bolango. Ya, dia pernah duduk sebagai anggota legislatif (Aleg) DPRD Bone Bolango dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di Pileg 2024, Syamsu pindah ke Gelora dan menjadi Caleg dari partai besutan Anis Mata tersebut.

Bahkan, Syamsu yang merupakan tokoh masyarakat dari pesisir Bone Bolango, juga pernah maju di daerah tersebut, pada 2015 silam. Kala itu, dia berpasangan dengan Azan Piola. Sayangnya, Azan dan Syam kalah dari petahana saat itu, yakni Hamim Pou yang berpasangan dengan Kilat Wartabone.

Berita Terkait:  Ingin Maju Cagub-Cawagub Gorontalo Lewat PAN? Ini Caranya

badan keuangan

Syamsu sendiri dipilih menjadi wakil dari Merlan Uloli, karena berdasarkan hasil survei yang dilakukan Curva Survei Indonesia (CSI). Dimana, dari tiga nama yang ditetapkan sebagai bakal Cawabup, yakni Ishak Ntoma, Faisal Yunus, dan Syamsu sendiri.

“Dalam simulasi 3 kandidat pendamping Merlan Uloli, elektabilitas Syamsu T Botutihe menjadi yang tertinggi dengan angka 24,75 persen,” kata Direktur CSI, Hendra Yasin dalam keterangan yang diterima media pada bulan Juli.

Berita Terkait:  Profil Zainut Tauhid Sebagai Wakil Menteri Agama dan Perubahan dalam Kabinet

Atas survei itu, Ketua PDW NasDem Gorontalo, Rachmat Gobel merestui Syamsu menjadi wakil dari Merlan Uloli. “Iya, direstui kaka RG (Rachmat Gobel),” ungkap Merlan Uloli ketika diwawancarai Hargo.co.id, Sabtu (10/8/2024).

Sementara, soal partai pengusung, pasangan Merlan-Syamsu dipastikan bisa melenggang tanpa kendala apapun untuk mendaftar ke KPU.

Berita Terkait:  Merlan-Syamsu Menang, Gen Z dan Milenial Siap-siap Jadi Pengusaha

Sebab, perolehan suara NasDem di Pileg 2024, sudah bisa mengusung pasangan Merlan-Syamsu. Pun begitu, menurut sejumlah kalangan, partai di luar NasDem diprediksi akan ikut mengusung partai tersebut.

Bahkan, pasangan ini akan diusung dan didukung oleh koalisi gemuk. Hal ini tak lepas dari kepercayaan kepada Merlan Uloli yang saat ini duduk sebagai Bupati Bone Bolango, telah menunjukkan kinerja yang baik di berbagai bidang.(*) 

Berita Terkait:  Tiga bakal Cabup Kabgor Ini Daftar di PKB

Penulis: Rendi Wardani Fathan