Legislatif

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Keswan Diminta Perketat Pengawasan Hewan

×

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Keswan Diminta Perketat Pengawasan Hewan

Sebarkan artikel ini
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Keswan Diminta Perketat Pengawasan Hewan
Sapi qurban yang diperjualkan di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo, dari Fraksi Partai Demokrat Amir Habuke meminta Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) terus melakukan pengawasan penampungan hewan ternak maupun pasar hewan untuk mencegah penyebaran penyakit ternak menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

Berita Terkait:  Jadi Atensi, Dana Pilkada akan Dipenuhi Pada APBD 2024

badan keuangan

“Kami berharap pemerintah dapat menugaskan petugas kesehatan hewan di setiap kecamatan untuk melaksanakan pemantauan ternak sapi. Ini dalam rangka memastikan agar hewan qurban benar-benar sehat, lalu lintas ternak sapi harus benar-benar diperketat,” kata Amir Habuke, Jumat (7/6/2024).

Amir bilang, meskipun pemerintah daerah belum menemukan hewan ternak sapi yang sakit atau terindikasi mempunyai penyakit, upaya preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sangat penting dilakukan.

Berita Terkait:  DPRD Gorut Terus Perjuangkan Upah Bagi Honorer Satpol PP

badan keuangan

“Jumlah pembelian hewan ternak sapi menjelang Idul Adha pasti semakin hari semakin bertambah, maka pemantauan dan pemberian vaksin hewan patut dilakukan secara rutin,” ucap Amir Habuke.

Ia berharap, Idul Adha 2024 ini bisa berjalan dengan baik, mendapat ternak ternak sehat, sehingga sohibul-sohibul (orang yang berkurban) maupun masyarakat Kabupaten Gorontalo aman dalam mengkonsumsi daging hewan kurban.(*)

Penulis: Deice 

Berita Terkait:  Tentukan Pemenang Tender, Jayusdi: Pemkab Gorontalo Harus Selektif