Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



100 Unit Rutilahu Disebar di Dua Kecamatan di Kabupaten Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 6 November 2021 | 12:05 PM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Iskandar Mangopa saat foto bersama dengan Idah Syahidah dan Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto serta para penerima Program Rutilahu. Jumat (05/11/2021) (Foto: Istimewa/HUMAS)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 100 warga di Kabupaten Gorontalo mendapat Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Itu lantas menuai respon dari Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Iskandar Mongopa.

Dirinya mengapresiasi langkah anggota DPR RI dari Dapil Gorontalo, Idah Syahidah, yang sudah berupaya mendapatkan 100 Rutilahu untuk warga di Kabupaten Gorontalo. Iskandar Mangopa mengatakan, belajar dari pengalaman sebelumnya untuk program dari Kementrian dikhawatirkan tidak akan tepat sasaran. 

“Sehingga diharapkan para kepala desa yang desanya mendapatkan bantuan untuk bisa segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Sosial,” ungkap  Iskandar Mongopa pada penyerahan simbolis Rutilahu di Bukit Proja, Limboto, Jumat (05/11/2021).

 Lanjut katanya, agar tak salah sasaran, koordinasi perlu dilakukan oleh Kepala Desa dengan Dinas Sosial serta stakeholder lainnya dalam hal ini pihak perbankan yang akan mencairkan dana untuk Program Rutilahu tersebut.

“Disini tidak ada pendampingan, sehingga warga yang mendapatkan bantuan program rutilahu tersebut harus benar-benar melakukan koordinasi terus dengan Kepala Desa dan peran kepala desa sangat dibutuhkan dalam kesuksesan program pembangunan rutilahu tersebut,” jelas Iskandar Mongopa.

Ketua Fraksi Golkar ini juga berharap, dukungan dari semua stakeholder agar program ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan, agar dalam waktu dekat masyarakat sudah bisa memperbaiki rumah menjadi layak untuk dihuni. 

“Butuh dukungan semua pihak agar program ini  berjalan lancar tanpa kendala dan tak lupa ucapan terima kasih atas apa yang sudah diperjuangkan oleh ibu Idah Syahidah untuk warga di Kabupaten Gorontalo,” katanya.

Sementara itu Idah Syahidah menjelaskan, Program Rutilahu ini diberikan pada 100 orang yang terbagi di dua kecamatan yakni Limboto Barat dan Tabongo dengan total anggaran sebesar Rp 1.880.000.000. 

“Setiap orang mendapatkan anggaran sebesar Rp 20 juta, namun anggaran untuk perbaikan rumah tersebut tidak untuk dibayarkan untuk tukang, karena program ini harus dikerjakan secara gotong royong,” ungkap Idah.

Idah juga berharap, pekerjaan pembangunan rutilahu ini segera dilaksanakan agar sudah bisa segera ditempati dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat di dua kecamatan di Kabupaten Gorontalo.  

“Intinya sebagai wakil rakyat dari Gorontalo yang berada di pusat, saya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat khususnya untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar