Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Amy Atmanto Ungkap Makna di Balik Busana Daerah Presiden dan Istrinya

Oleh Aslan , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 22 Agustus 2017 | 05:00 Tag: , ,
  Jokowi bersama istri dan wapres juga petinggi lembaga negara lainnya mengenakan busana daerah saat hadir di sidang bersama d Gedung DPR, Senayan. (Derry Ridwansah/Jawapos)

Hargo.co.id – Busana adat yang dikenakan Presiden dan Wakilnya juga beserta jajaran petinggi pemerintahan, sekaligus para istri-istrinya saat sidang bersama di DPR dan upacara bendera di Istana, mengundang apresiasi sejumlah desainer busana.

Salah satunya, Desainer Penerima Penghargaan Ibu Negara RI tahun 2010 Amy Atmanto. Ia  menilai busana adat yang dikenakan pemimpin negara bisa menjadi panutan bagi generasi penerus bangsa.

“Terlihat dari pilihan model yang beliau kenakan sangat simpel pun relatif tidak terlalu mencolok warnanya. Terlihat senantiasa menghadirkan warna merah putih dalam pilihannya sebagai lambang kebesaran negara RI,” papar Amy dalam keterangan tertulis pada JawaPos.com, Senin (21/8).

Amy menilai gambaran itu begitu terencananya. Sehingga tak hanya sekadar mengenakan pakai pakaian daerah tetapi ada maksud dan tujuan yang ingin disampaikan lewat busana.

Sementara busana ibu negara Iriana Jokowi, dinilai lebih menampilkan kesederhanaan dan keanggunan seorang ibu.

Saat mengenakan busana Bali di DPR pun, kata dia, Iriana tampil dengan selendang ikat pinggang (bulang pasang) berwarna prada merah putih yang memiliki makna filosofi dalam adat Bali agar wanita dapat mengendalikan tingkah lakunya dari segala keburukan.

“Melalui busana terkonsep matang yang dikenakan presiden dan ibu negara, jelas menggambarkan bahwa, mereka ingin menunjukan kebhinekaan Indonesia yang tetap bersatu dalam naungan NKRI beserta nilai makna yang terkandung di dalamnya,” ungkap Amy.

Amy menilai perayaan 17 Agustus kemarin jelas akan membangkitkan semangat pegiat kreatif di industri fesyen tanah air, khususnya perajin kain dan aksesori mutu manikam khas nusantara yang memiliki makna kekayaan filosofi budaya.

“Saya bermimpi kalau saja pak Presiden dan Ibu dalam setiap kesempatan dapat mengenakan busana inspirasi tradisional, tentu ini akan menjadi promosi kebudayaan Indonesia yang luar biasa,” ungkapnya.

Amy juga mengaku bila dirinya diberi kesempatan, tentu saja mengkontribusikan keahliannya untuk mendesainkan busana Presiden dan Ibu Negara yang kental dengan nilai budaya Indonesia. “Ini tentu sebuah kehormatan,” tutup Amy.

(ika/JPC/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar