Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anggaran Minim, Armada Pengangkut Sampah Rusak

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 27 Oktober 2021 | 06:05 AM Tag:
  Armada pengangkut sampah terparkir di belakang Kantor DLH yang jika tidak diperbaiki akan segera menjadi rongsokan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kini tengah meradang gara-gara anggaran minim, sementara harus tetap beroperasi. Maklum, sejumlah masalah muncul diantaranya kendaraan pengangkut sampah tidak jalan lagi, dan upah petugas kebersihan belum dibayarkan. 

Ini diungkapkan Kepala DLH, Ilyas Lagarusu ketika ditemui media ini beberapa hari lalu. Menurutnya, kondisinya saat ini memang membuatnya harus berpikir ekstra dengan kondisi yang ada saat ini. 

“Mobil truk pengangkut sampah yang ada saat ini sudah tidak bisa dioperasikan lagi karena kondisinya memang tidak bisa dipaksakan lagi. Ban sudah terlihat benangnya,rem tidak berfungsi. Sehingga armada pengangkut sampah tersebut harus diparkir di garasi,” tegasnya.

Untuk mengantisipasinya, kata Ilyas Lagarusu, pihaknya kemudian memaksimalkan armada lainnya yang ada yakni Gerobak Motor (Getor) untuk mengangkut sampah yang ada di masyarakat. 

“Hal ini sebagai upaya antisipasi pihak kami dalam rangka melayani masyarakat terkait dengan kebersihan agar tetap beroperasi setiap harinya,” kata Ilyas Lagarusu.

Hanya saja yang sungguh memprihatinkan, dari 9 Getor yang tersedia, yang dapat dioperasikan oleh DLH hanya 5 unit saja. 

“Dan yang 4 lainnya kondisinya memang sudah tidak layak lagi dan tidak dapat dioperasikan,” ujarnya.

Hanya saja yang masih membuat dirinya merasa semangat yakni keberadaan para petugas kebersihan yang sampai saat ini masih tetap semangat melaksanakan tugas mereka walaupun gaji para petugas tersebut belum terbayarkan. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar