Capaiannya Tak Terjabarkan di LKPJ, Aleg Gorut Pertanyakan 127 Janji Politik Bupati

×

Capaiannya Tak Terjabarkan di LKPJ, Aleg Gorut Pertanyakan 127 Janji Politik Bupati

Share this article
Suasana rapat paripurna LKPJ Bupati Gorut tahun 2022. (Foto: Istimewa)
Suasana rapat paripurna LKPJ Bupati Gorut tahun 2022. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut) mempertanyakan capaian janji politik Bupati, Thariq Modanggu.

Pertanyaan tersebut disampaikan melalui pandangan fraksi yang dibacakan oleh juru bicara Daud Syarif dalam Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat I Terhadap Pembahasan Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gorontalo Utara Tahun 2022, sebagaimana yang tertuang dalam dokumen LKPJ mengenai hasil pelaksanaan misi, tujuan, dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

“Pasalnya, kami tidak mengetahui karena tidak terbaca mana yang telah dilaksanakan dan tercapai, dan mana yang belum. Untuk itu kami minta penjelasannya,” kata Daud.

Dirgahayu Radio Republik Indonesia

Fraksi PDIP juga mempertanyakan terkait bantuan modal untuk keluarga miskin, tunjangan masa tunggu untuk para petani, pembangunan sarana air bersih yang merupakan bagian dari program kegiatan yang masuk dalam 127 janji politik program ceria.

“Wajib dilaksanakan, akan tetapi sampai hari ini tidak juga dijelaskan capaiannya. Seharusnya setiap kegiatan harus dijabarkan dengan terukurĀ  sehingga akan tampak keberhasilan pembangunan di Gorontalo Utara melalui program 127 Janji Politik,” tegasnya.

Begitu juga untuk tunjangan masa tunggu untuk petani, ia meminta untuk menjabarkan berapa petani yang sudah mendapatkan tunjangan dan yang belum beserta alasannya.

“Termasuk santunan duka, banyak masyarakat yang mengeluh proses pelaksanaannya terkendala dengan persyaratan tertentu yang sulit dipenuhi oleh sebagian masyarakat,” tandasnya.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman