Jumat, 29 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cuaca Buruk Tak Pengaruhi Kualitas Air dari PDAM

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Rabu, 22 September 2021 | 12:05 PM Tag:
  Instalasi Pengolahan Air IPA Bionga, salah satu IPA yang dikelola PDAM kabupaten Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Cuaca buruk yang terjadi beberapa pekan terakhir berdampak pada kejernihan air di beberapa sumber air yang dimiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo

Kepala Bagian Teknis PDAM Kabupaten Gorontalo Abdullah Deu mengakui, di setiap kali turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, sudah pasti ada hambatan yang bisa mengakibatkan air itu berubah warna. 

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah mempersiapkan penangkalan berupa menampung air bersih sebelum hujan.

“Di Bulota itu jujur saja, kalau musim penghujan kami memang sudah mengantisipasi dengan stok bahan kimia. Seperti tawas, tapi tawas khusus untuk menjernihkan air, kemudian juga ada kaporit,” terang Abdullah Deu, Selasa (21/09/2021)

Selain itu, kata Abdullah Deu, PDAM kabupaten Gorontalo juga memiliki Sistem Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dapat memperbaiki kualitas air sebelum di suplai ke masyarakat pengguna air bersih dari PDAM. 

“Dari sistem itu kita sudah buat stok tersendiri untuk mengantisipasi terjadinya perubahan atau air keruh. Sistem itu terpakai di IPA Desa Pilohayanga. Beda lagi dengan yang di IPA di Desa Bulota,” kata Abdullah Deu.

Sistem IPA yang digunakan memiliki masing-masing fungsi. Mulai dari Prasedimentasi sebagai bak penampungan, Kopulasi, proses percepatan pembentukan flokulasi hingga sedimentasi yang berfungsi sebagai penangkap partikel yang terapung. 

“Sistem IPA yang kami gunakan itu memiliki beberapa bak. Prasedimentasi, sebagai bak penampungan, Kopulasi, proses percepatan pembentukan flokulasi, Sedimentasi, pengendapan dan filter,” Terangnya. (***)

 

Penulis: Herman Abdullah 

(Visited 56 times, 1 visits today)

Komentar