Hamka Hendra Noer memberikan sambutan pada pelepasan kirab bendera memperingati 81 tahun Hari Patriotik, di rumah jabatan wakil gubernur, Jumat (20/1/2023). (Foto: Istimewa)

Dilanjutkan Besok, Duplikat Bendera Pusaka 23 Januari Sudah Lewati tiga Daerah

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Kirab bendera memperingati 81 tahun Hari Patriotik yang dilepas oleh Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer pada 21 Januari 2023 kemarin, mulai diarak dari Kabupaten Pohuwato, Sabtu (21/1/2023) pagi tadi.

Kirab yang dilakukan oleh perwakilan organisasi pemuda, organisasi masyarakat dan organisasi mahasiswa itu dilepas Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa. Bendera pusaka yang dikirab merupakan duplikat bendera pertama yang dikibarkan pada tanggal 23 Januari 1942.

banner 728x485

Peristiwa ini ditandai sebagai perlawanan rakyat Gorontalo mengusir Belanda yang dipimpin pahlawan nasional Nani Wartabone. Kala itu rakyat Gorontalo menyatakan diri merdeka bebas dari penjajahan.

“Alhamdulillah tak terasa waktu sekarang kita memasuki peringatan Hari Patriotik yang ke 81. Olehnya patut kita syukuri masih bisa merayakan dan menggiatkan pelaksanaan peringatan hari patriotik yang menjadi tonggak sejarah Provinsi Gorontalo,” kata Suharsi Igirisa saat memimpin pelepasan kirab bendera di halaman Kantor Bupati Pohuwato.

Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada KNPI Pohuwato, Sabtu (21/1/2023). (Foto: Istimewa)

Dirinya mengingatkan para pemuda untuk terus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dengan baik dan tidak melupakan jasa para pahlawan.

”Kita sebagai penerus khususnya para pemuda yang menjadi garda terdepan mengawal bendera pusaka ini mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang diproklamirkan oleh pendahulu kita Nani Wartabone,” kata Suharsi Igirisa.

Setelah dilepas, duplikat bendera itu diarak menuju perbatasan Pohuwato–Boalemo dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Boalemo untuk kemudian diteruskan ke Kabupaten Gorontalo Utara.

Di perbatasan Kabupaten Gorontalo Utara, Puluhan siswa serta sejumlah organisasi kepemudaan tampak antusias menyambut serta menyaksikan serah terima duplikat bendera pusaka tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Suleman Lakoro saat memimpin apel penyerahan duplikat bendera pusaka, Sabtu (21/1/2023). (Foto: Istimewa)

Rombongan kirab yang tiba di Kantor Bupati Gorontalo Utara tepat pukul 17.00 WITA tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro. Penyerahan duplikat bendera pusaka ini dilaksanakan melalui upacara bendera.

“Sekali lagi atas nama pemerintah daerah Gorontalo Utara, kami sampaikan terima kasih kepada semua unsur yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk mengarak bendera pusaka ke seluruh wilayah di Provinsi Gorontalo,” kata Suleman Lakoro saat memimpin upacara tersebut.

Bendera pusaka ini akan disemayamkan di rumah dinas Bupati Bone Bolango sebelum pelaksanaan upacara bendera keesokan harinya. Sesuai rencana, peserta kirab akan kembali dilepas kembali besok pagi menuju ke Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo dan berakhir di Kabupaten Bone Bolango.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *