Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dinas Pertanian Boalemo Jawab Kebutuhan Petani

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo Legislatif , pada Senin, 13 Desember 2021 | 00:05 AM Tag: ,
  Anggota DPRD Boalemo, Fatkurrohman (kopiah putih), turut menyerahkan bibit durian dari Distan Boalemo. (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tak butuh waktu lama, Dinas Pertanian (Distan) Boalemo, langsung turun lapangan menyerahkan bibit durian untuk masyarakat petani di Kecamatan Wonosari, Boalemo.

Hal tersebut kata Kepala Distan Boalemo, Roslina Karim, tak lain untuk menjawab kebutuhan petani, yang meminta, agar Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, menyiapkan bibit durian.

“Alhamdulillah, ada 1.500 bibit durian jenis montong kane, teknik sambung (okulasi), sudah kami bagikan kepada petani melalui kelompok masing-masing,”kata Roslina Karim, kepada Hargo.co.id, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, pada Ahad, (12/12/2021).

Menurutnya, apabila tak ada aral melintang, maka durian yang telah didistribusikan ke para petani tersebut, bakal berbuah dan sudah bisa dinikmati hasilnya pada 4-5 tahun mendatang. Dengan begitu lanjutnya, produksi pertanian di Boalemo, akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

“Ke depan, insyaallah masih ada lagi penambahan untuk bibit ini, kami lakukan secara bertahap dan tetap melihat tingkat kebutuhan petani itu sendiri. Tentunya menyesuaikan proposal yang masuk, selanjutnya melihat kekuatan anggaran. Untuk anggarannya, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAU),”terangnya.

Sementara itu, Fatkurrohman selaku Legislator Boalemo dari Dapil Dulupi-Wonosari, yang selalu menyuarakan durian tersebut, mengapresiasi respon positif yang telah ditunjukan oleh Pemkab Boalemo, melalui Distan atas penyaluran itu.

“Tentunya saya berterima kasih, yang mana Pemkab Boalemo sudah menjawab permintaan petani. Saya membayangkan, suatu saat Daerah kita ini bakal terkenal dan menjadi salah satu Daerah pengimpor durian,” kata Fatkurrohman.

Anggota Komisi II DPRD Boalemo itu berkata, penyerahan bibit durian tersebut, menjadi salah satu jawaban, untuk meningkatkan taraf ekonomi petani Boalemo yang selama ini, hanya mengandalkan tanaman komoditi jagung.

“Namun, bukan berarti petani akan meninggalkan jagung. Tapi, bagaimana agar produksi pertanian Boalemo bisa bertambah. Dan itu yang saya kira menjadi harapan kita bersama. Terima kasih Pemkab Boalemo, Ibu Kadis dan jajaran Distan Boalemo lainnya,”kunci Legislator Parlemen Modelomo. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 112 times, 1 visits today)

Komentar