Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Minta Pesangon Perangkat Desa Segera Dituntaskan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 4 Januari 2022 | 12:05 PM Tag: , ,
  Komisi I DPRD dan Panitia Seleksi Perangkat Desa Kabupaten Gorontalo saat mengikuti rapat di DPRD. (Foto: Deice Pomalingo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – DPRD Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Komisi l meminta pada pemerintah daerah, untuk segera membayarkan pesangon bagi aparat desa yang terdampak imbas evaluasi penyesuaian SOTK baru. 

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Komisi l Syarifudin Bano saat melakukan rapat dengan panitia seleksi (Pansel) perangkat desa Kabupaten Gorontalo, di ruang komisi l, Senin (03/01/2022).  Syarifudin menghimbau pada pemerintah daerah untuk sesegera mungkin menyelesaikan pemberian hak pesangon kepada aparat desa yang terdampak imbas evaluasi penyesuaian Susunan Organisasi dan Tata Kerja  (SOTK). 

“Ya, jika dimungkinkan segera dapat diberikan hak pesangon kepada mereka terdampak penyesuaian SOTK baru. Kami mendorong pemerintah segera memberikan hak mereka,”ungkap Syarifudin. 

nya, evaluasi kinerja terhadap aparat desa yang dilaksanakan awal bulan desember 2021 kemarin memang merupakan salah satu tahapan evaluasi untuk kinerja aparat desa dan pada prinsipnya DPRD dalam hal ini komsi l sebagai mitra, mendukung evaluasi kinerja aparat desa untuk meningkatkan pelayanan publik dan mewujudkan transformasi birokrasi yang lebih baik. 

“Sedangkan tujuan dari pelaksanaan rapat kerja untuk melihat sejauh mana hasil tahapan evaluasi yang telah dilakukan panitia seleksi, hari ini Komisi I DPRD menggelar rapat bersama mitra kerja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Panitia Seleksi Perangkat Desa. Materi pembahasan terkait hal-hal penyelenggaraan,” kata Syaripudin. 

Menurut aleg tiga periode ini, selain merupakan ujung tombak pembangunan daerah di tingkat bawah, aparat desa butuh penguatan kinerja sehingga harus melalui proses evaluasi agar lebih kompetitif dalam bekerja.  Seperti diketahui, terdapat 2.064 aparat desa yang mengikuti ujian dengan sistem Computer Asissted Test (CAT) bertempat di gedung CAT, BK-Diklat Kabupaten Gorontalo. 

“Jumlah aparat yang dievaluasi sebanyak 2.064 orang yang tersebar di 191 desa. Hasil evaluasi telah diserahkan panitia kepada masing-masing kepala desa dan kerja panitia tentu kami apresiasi,” ucap Syaripudin.  

Politisi Demokrat ini juga  menyerahkan pengisian struktur baru berdasarkan hasil evaluasi tersebut, karena kepala desa memiliki hak prerogatif sebagai user terhadap aparat desa berdasarkan Pemerintah Desa. 

“Komisi I menyerahkan sepenuhnya kepada kepala desa untuk penempatan tempat perangkat desa yang baru berdasarkan hasil evaluasi yang diterima, yang lebih tahu aparatnya kan kepala desa, siapa yang akan menempati ini dan itu,” tandas Syarifudin. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar