Rabu, 26 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Empat Nama Ini Dinilai Pantas Jadi Penjabat Bupati Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Boalemo , pada Minggu, 9 Januari 2022 | 00:05 AM Tag: , ,
  Empat tokoh birokrat yang dinilai pantas duduk pada kursi Penjabat Bupati Boalemo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kurang lebih 5 bulan lagi, Bupati Boalemo Anas Jusuf, bakal mengakhiri masa jabatannya. Sejumlah nama figur birokrat, mulai digadang-gadang untuk mengisi kekosongan kursi kepemimpinan Boalemo.

Informasi yang berhasil dihimpun Hargo.co.id, saat ini setidaknya sudah ada 4 nama figur kuat yang mulai mencuat namanya di masyarakat. Keempat tokoh ini dinilai pantas, dan sudah teruji kinerjanya di pemerintahan Pemkab Boalemo.

Pertama Husain Etango, mantan Sekda Boalemo yang kini melaksanakan tugasnya di Pemprov Gorontalo ini, dinilai layak untuk mengisi kekosongan kursi Bupati Boalemo. Saat ini masyarakat menunggu, jika memang dirinya dipilih. 

Kedua, Rusdin Aminu. Mantan Kepala Bappeda Boalemo ini juga, sedang diperbincangkan masyarakat. Prestasi Rusdin Aminu, terbilang cukup ketika masih menjabat di Pemkab Boalemo, masyarakat pun menginginkannya.

Ketiga, Handoyo Sugiharto. Nama ini juga disebut-sebut sejumlah kalangan. Tak sedikit prestasi yang berhasil diukir Handoyo Sugiharto, ketika masih menjabat Kepala Dinas Pembangunan Umum (PU) Boalemo. Kadis PUPR Provinsi Gorontalo itu, didambakan oleh masyarakat untuk jadi Penjabat Bupati Boalemo.

Sedangkan yang keempat, adalah Sherman Moridu. Figur satu ini adalah Sekda Boalemo definitif hingga sekarang. Prestasi Sherman Moridu di Pemerintahan, juga tak boleh dipandang remeh. Banyak prestasi di tangan Sherman Moridu.

Diketahui, mantan Kepala Bappeda Boalemo itu, belum lama menyelesaikan program studi S3 Doktor Bidang Administrasi Publik di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dengan nilai yang cukup memuaskan, IPK 3,98.

Sherman Moridu, terbilang cukup mumpuni dalam pemerintahan. Kesuksesan Anas Jusuf saat ini dalam meningkatkan pembangunan Daerah Boalemo, tak lepas dari campur tangan, kolaborasi dari Panglima ASN Boalemo tersebut.

Menanggapi wacana itu, Suwitno Kadji, salah seorang tokoh masyarakat Boalemo, mengatakan, siapa pun yang akan jadi penjabat bupati mendatang, maka dialah pilihan yang diberi amanat. Masyarakat, kata Suwitno Kadji, tentu hanya berharap yang terbaik. 

“Melihat hirarki pemerintahan, tidak menutup kemungkinan yang jadi penjabat Bupati Boalemo, adalah pak Sekda Boalemo saat ini, Sherman Moridu. Tapi kembali ke pemerintah pusat yang punya wewenang itu,” tutur Suwitno Kadji.

Lanjut katanya, untuk pengangkatan penjabat ini diatur dalam undang-undang nomor 10 2016. Melihat aturan kata Suwitno Kadji, kekosongan diisi oleh jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan bupati, dan walikota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terpisah, Kasim Maliu, salah seorang tokoh Pemuda di Boalemo, mengatakan bahwa seandainya aturan membolehkan, maka dirinya lebih cenderung ke Anas Jusuf saja untuk melanjutkan kepemimpinan. Dengan begitu, kata Kasim Maliu, pembangunan daerah saat ini, akan berjalan sesuai harapan. Sebagaimana fakta sekarang katanya, begitu banyak perubahan yang telah berhasil ditorehkan Anas Jusuf, meski dalam kurun waktu yang singkat.

“Seandainya dibolehkan oleh undang-undang, maka yang layak menurut saya itu, adalah pak Anas Jusuf. Karena beliau sudah teruji bekerja luar biasa untuk pembangunan Daerah walau dalam waktu yang singkat,” tuturnya.

Namun, lanjut Kasim Maliu, jika aturan memang tidak membolehkan. Maka di antara empat figur yang mencuat namanya, ia memilih Handoyo Sugiharto. Bukan tanpa alasan. Menurut Kasim Maliu, Handoyo Sugiharto terterima di semua kalangan.

“Saya kira pak Handoyo pantas. Apalagi ketika masih menjabat di daerah ini, tidak pernah kita dengarkan ada kasus dan sebagainya. Tak kaku beliau dalam pemerintahan. Saat ini pun beliau dipercaya jadi Kadis PUPR Provinsi Gorontalo. Artinya memang beliau punya prestasi. Dan yang paling penting lagi menurut saya, beliau itu terterima di semua kalangan, itu saja,” kunci Kasim Maliu. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 729 times, 1 visits today)

Komentar