Thursday, 29 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harga Beras Anjlok, Petani di Tolinggula Meradang

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Saturday, 17 July 2021 | 08:06 AM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Petani petani yang berdomisili di Tolinggula, Gorontalo Utara (Gorut) kini sedang meradang. Pasalnya, sejak beberapa pekan terakhir ini, harga beras anjlok sehingga mengalami kerugian jika dibanding dengan ongkos operasionalnya. 

Tak pelak lagi, produksi beras warga yang diharapkan dapat menopang perekonomian keluarga, tidak sesuai dengan harapan. Ini lantas memantik reaksi Anggota DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau.

“Kalau ingin tanya kondisi terkini masyarakat yang ada di perbatasan Tolinggula dan sekitarnya, mereka saat ini resah dan galau dengan harga beras yang anjlok,” ungkap Deasy S.M Datau.

Tentunya kondisi ini, kata Deasy S.M Datau, harus mendapatkan perhatian bersama pemerintah daerah. Terkait dengan nasib warga yang produksi berasnya sangat jauh dari harapan. 

“Bukan saja turun harga, bahkan untuk dilirik saja sangat minim. Artinya, beras warga saat ini tidak saja turun namun juga kurang laku dipasaran,” jelas Deasy S.M Datau.

Olehnya peran pemerintah daerah sangat diperlukan dalam memulihkan perekonomian warga saat ini atau jika memungkinkan ada campur tangan pemerintah daerah dalam menaikan harga jual beras warga. 

“Bagaimana pemerintah daerah dapat bersama-sama untuk melakukan terobosan agar beras warga tersebut dapat naik nilai jualnya,” tegas Srikandi PDI Perjuangan ini.

Jika memang tidak bisa, saat ini setiap desa sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), tentunya keberadaan dari BUMDes tersebut diharapkan dapat berperan aktif saat ini untuk membantu masyarakat terkait dengan harga jual. 

“Minimal ada kolaborasi dari pemerintah daerah dan BUMDes yang melakukan terobosan dalam rangka membantu masyarakat,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar