Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Workshop Jangan Hanya Sebatas Input

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 8 November 2022 | 06:05 Tag: ,
  Ketua Pansus, Aryati Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Aryati Polapa, mengkhawatirkan hasil dari Workshop Evaluasi Pengelolaan Pembangunan Desa 2022, tidak ada tindak lanjut. Dalam artian, dibiarkan begitu saja dan hanya sebatas menginput saja 

Menurut Aryati Polapa, hasil dari workshop tersebut merupakan input untuk apa yang akan dilakukan untuk mengelola desa kedepannya bagi seluruh stakeholder terkait, untuk memberikan output yang besar bagi pembangunan daerah.

banner 728x485

“Saya khawatir kalau hasil workshop hanya didiamkan saja, itu harus ditindaklanjuti jangan jadi hanya sekedar input,” kata Aryati Polapa.

Setelah mendapatkan input dari hasil workshop atau lokakarya tersebut kata Aryati, dijadikan dasar untuk menyusun instrumen, seperti personil, sarana, prasarana, dan pembiayaan. Dengan begitu menurutnya akan memunculkan ide, gagasan, dan semangat untuk membangun desa. 

“Terus dasar hukum yang kita lakukan regulasinya apa, barulah berproses, kemudian output yang saya bilang, itu bukan sekedar output,” paparnya.

Ia menyampaikan agar pemerintah daerah dapat berorientasi untuk membangun daerah menggunakan hasil workshop seperti itu, dan tidak berpikir untuk mengikuti workshop tanpa ada input ke depan bagi daerah.

“Artinya yang penting sudah bikin workshop hasilnya apa, tapi outcomenya apa, impactnya apa? Benefitnya atau nilai tambahnya bagi daerah apa?,” tutupnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman 

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar