Selasa, 27 September 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hendriwan Minta Dukungan untuk Pengembangan Pelabuhan Tilamuta

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Senin, 8 Agustus 2022 | 22:05 Tag: ,
  Seminar LARAP di Kantor Bappeda Boalemo, terkait pengembangan Pelabuhan Tilamuta. (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo, Hendriwan, meminta semua elemen, bersatu untuk mendukung pengembangan pelabuhan Tilamuta. Ini disampaikannya saat membuka seminar akhir kajian Land Aquisituon And Resettlement Action Plan (LARAP) terkait pengembangan Pelabuhan Tilamuta, di Kantor Bappeda Boalemo, pada Senin, (08/08/2022).

Dalam arahannya, ia menyampaikan rencana pengembangan Pelabuhan Tilamuta, merupakan langkah strategis yang ditujukan sebagai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, yang bertujuan, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Boalemo.

“Sehingganya semua elemen harus bersatu mendukung langkah-langkah ini, termasuk beberapa waktu lalu progres dukungan dari Kemenhub RI, yang telah datang berkunjung dan melihat langsung kondisi pelabuhan Tilamuta,”ujarnya

“Poin pentingnya adalah, mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), menciptakan lapangan kerja dan menggerakan perekonomian Daerah,”katanya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bappeda Boalemo, Sri Joen Dangkua, dalam pengantarnya, menuturkan, untuk ekspose akhir oleh pihak PT. Media Spasial Konsultan, selaku pelaksana kegiatan, adalah merupakan tindak lanjut penyempurnaan studi kelayakan Pelabuhan Tilamuta itu sendiri.

Yaitu, merumuskan kebijakan dalam pengambilan keputusan terkait pembebasan lahan, memberikan pedoman bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pemantauan hasil kegiatan pengembangan pengawasan, pun termasuk mendapatkan data yang akurat terkait penduduk yang terdampak untuk titik tumbuh pengembangan Pelabuhan Tilamuta.

“PT. Media Spasial Konsultan yang telah dipercayakan sebagai pelaksana kegiatan ini mengurai secara terinci hasil kajian tim, yang berkisar pada operasional kesesuaian dengan rencana RTRW, dan Prioritas pembangunan, kebutuhan tanah, dan gambaran umum status tanah, letak lokasi rencana pembangunan, termasuk penanganan terhadap aspek terdampak dan preferensi bentuk ganti rugi kerugian,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Media Spasial Konsultan, Bayu Kurniawan, mengatakan, pihaknya sangat mendukung peran aktif dari Pemerintah Daerah, terkait pengembangan Pelabuhan Tilamuta. Ia membeberkan, pihaknya telah mengawal kegiatan ini sudah dua tahun lamanya.

“Yang pertama, kami masuk pada tahapan feasibility study, kemudian yang kedua, kami dipersilahkan lagi untuk menggarap seperti yang disampaikan pada pertemuan tadi. Jadi memang, kita memerlukan yang namanya sinergitas, dan pencapaian program yang lebih baik, khususnya antara Kabupaten Boalemo, dengan Pemerintah Pusat,”kata Bayu Kurniawan.

Ia menambahkan, pengawalan yang dilakukan oleh pihaknya sendiri, sampai pada Pemerintah Pusat. Seperti di Bappenas, Kemendes, sekaligus Kemenhub, ketika melakukan studi evaluasi terhadap kajian pengembangan Pelabuhan Tilamuta.

“Sempat ada keraguan dari Pemerintah Pusat terhadap pengembangan Pelabuhan Tilamuta ini, dimana, kegiatan ini akan masuk program Nasional, yang setelah ditindaklanjuti kemarin Pelabuhan Anggrek yang baru disukseskan oleh Pemerintah Pusat. Namun, kali ini kita sudah masuk lagi dengan riset isu strategis yang baru, yaitu pengembangan Pelabuhan Tilamuta,”katanya.

“Nah, besar harapan Pemerintah Daerah. Baik Kepemimpinan yang lama sampai hari ini, bahwa instrumental awal yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah ini, merupakan suatu kebijakan strategis yang merupakan program inti dari Pemerintah Daerah untuk disub strukturalkan dengan program Nasional. Di mana dengan harapan besar ini, pengembangan Pelabuhan Tilamuta dapat terwujud,” tutupnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 104 times, 1 visits today)

Komentar