Saturday, 24 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hindari Kerumunan, Disarankan Daging Kurban Diantar ke Rumah

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Monday, 19 July 2021 | 16:05 PM Tags: , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Arifin Kilo

Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak dua tahun terakhir ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. Seperti biasanya, Idul Adha menjadi momen untuk berkurban guna dibagikan kepada yang berhak. 

Terkait dengan itu, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Arifin Kilo meminta agar saat pembagian daging qurban tetap menjalankan protokol kesehatan. Tetap menjaga jarak, sehingga harus menghindari kerumunan. 

“Agar tak terjadi kerumunan, saat membagikan daging kurban, panitia tak melakukan di satu tempat saja. Atau yang paling bagus yakni panitia qurban membagikan daging langsung ke rumah penerima sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19,” kata Arifin Kilo, Senin (19/07/2021). 

Jika tidak, Arifin Kili khawatir bila pembagian daging hewan qurban di satu tempat bisa memicu orang berkerumun dan mengakibatkan antrian panjang.  

“Saya bukan melarang, tetapi potensi antrian panjang dan orang berkerumun, bisa saja terjadi karena menunggu proses pembagian daging,” ujar Arifin Kilo. 

Ia mengatakan penyembelihan hewan qurban dipersilakan di pelataran masjid tetapi harus tetap diatur agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Idealnya, kata dia, penyembelihan hewan qurban bisa dilakukan di tempat potong hewan. Namun dengan keterbatasan tempat maka pemerintah memperbolehkan penyembelihan hewan kurban dilakukan di masjid dan mushola atau lapangan. 

“Salah satu rujukan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 /2021 tentang petunjuk Teknis Pelaksanaan qurban di wilayah PPKM. Kepada masyarakat, Fraksi Partai Golkar berharap dapat memahami situasi saat ini mengingat pandemi Covid-19 masih tinggi,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar