ramadan2024

Info Gerhana Matahari di Gorontalo: Terlihat di Semua Daerah

×

Info Gerhana Matahari di Gorontalo: Terlihat di Semua Daerah

Sebarkan artikel ini
Grafis gerhana Matahari yang akan melintas di Indonesia. (ilus Atip/Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Tepat tanggal 9 maret nanti, sebagaian dataran bumi akan mengalami gerhana matahari. Di Gorontalo sendiri, fenomena gerhana bisa terlihat di seluruh daerah.

badan keuangan

Hanya saja, gerhana matahari di negeri serambi madinah tidak terjadi secara total. Namun, menarik akan membentuk seperti sebilah sabit.

“Gerhana di Gorontalo dapat dilihat di arah timur terbit matahari dengan ketinggian 45 derajat,” kata Pengamat Geofisika Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, Hasan Arif.

Example 300250

Fenomena ini sambung Hasan, akan berlangsung selama 2 jam 10 menit. Mulai dari pukul 07.20 WITA sampai pukul 09.30 WITA.

“Gerhana ini terjadi karena fenomena revolusi planet-planet dalam garis orbit. Matahari bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus,” jelasnya.

Di sebagian besar Pasifik, meliputi Indonesia, Malaysia dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan benua Australia akan dapat menyaksikan gerhana matahari parsial.

Ramadhan 2024

Di Timur Samudera Pasifik, gerhana matahari total akan terjadi selama lebih dari 4 menit. Sedangkan, garis kuning menunjukkan daerah dengan gerhana matahari parsial.

Sebagian besar India dan Nepal akan mengalami gerhana matahari parsial. Sementara itu, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Papua Nugini akan dapat menyaksikan lebih dari 50 persen gerhana parsial.

Sedangkan Kamboja, Myanmar, Vietnam dan Thailand akan melihat sekitar 50 persen gerhana matahari parsial. Sementara Australia, China, Jepang dan Alaska akan mendapatkan kurang dari 50 persen gerhana parsial.(and/hargo)



hari kesaktian pancasila