Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Kesalahan Fatal yang Bikin Undian 16 Besar Liga Champions Diulang

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Selasa, 14 Desember 2021 | 02:05 AM Tag: , , , , ,
  Deputi Sekretaris Jenderal UEFA Giorgio Marchetti memegang kertas bertuliskan Atletico de Madrid dalam pengundian babak 16 besar Liga Champions 2021-2022. Undian tersebut akhirnya dibatalkan. (Richard Juilliart/AFP/ UEFA)

Hargo.co.id, SWISS – Kontroversi terjadi pada pengundian babak 16 besar Liga Champions 2021-2022. Dalam drawing di kantor pusat UEFA di Nyon, Swiss, hari ini (13/12), otoritas sepak bola Eropa itu melakukan kesalahan sangat fatal.

Tiga kesalahan yang mengemuka adalah Manchester United dan Villarreal berada dalam pot yang sama. Padahal, pada fase sebelumnya, kedua tim berada dalam satu grup yakni Grup F.

Kesalahan kedua, Liverpool disertakan dalam pot yang sama dengan Atletico Madrid. Padahal, sebelumnya, Liverpool dan Atletico Madrid juga telah berada dalam grup yang sama yakni Grup B.

Sedangkan kesalahan ketiga adalah Manchester United tidak disertakan dalam undian Atletico. Padahal, United dan Atletico tidak berada grup yang sama di fase sebelumnya. Kedua tim juga berasal dari negara berbeda. Artinya, United dan Atletico sah jika seandainya bertemu di babak 16 besar.

UEFA sendiri menimpakan ketidakberesan ini pada “kesalahan teknis pada software dari service provider eksternal.” Inilah yang membuat undian yang dipimpin Deputi Sekretaris Jenderal UEFA Giorgio Marchetti dan dihadiri oleh ambassador final Liga Champions 2022 Andrei Arshavin tersebut kacau balau.

Karena kesalahan fatal itu, UEFA mendapatkan protes dari sejumlah klub terutama Atletico Madrid dan Villarreal. Dan pada akhirnya, undian tersebut terpaksa diulang.

Dalam undian yang salah tersebut, sejatinya melahirkan calon partai yang menarik. Yakni juara Ligue 1 Paris Saint-Germain yang menghadapi Manchester United. Lalu, Inter Milan melawan Ajax Asterdam. Undian ulang akan dilakukan malam ini pukul 21.00 WIB.(JawaPos.com)

Undian Babak 16 Besar Liga Champions yang Harus Diulang

Benfica vs Real Madrid
Villareal vs Manchester City
Salzburg vs Liverpool
Inter vs Ajax
Sporting vs Juventus
Chelsea vs Lille
PSG vs Manchester United

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Tiga Kesalahan Fatal yang Bikin Undian 16 Besar Liga Champions Diulang“. Pada edisi Senin, 13 Desember 2021.
(Visited 91 times, 1 visits today)

Komentar