Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Inspirasi di Hari Kartini, Mampu Mandiri Tanpa Mengabaikan Kodrat Perempuan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 21 April 2017 | 11:17 AM Tag: , , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Kesuksesan yang kini telah dinikmati oleh dua pengusaha perempuan Gorontalo yaitu owner butik ternama Yoe Collection,Yulinda Patasalang, dan pemilik toko alat kesehatan Ibnu Sina, Neli Bilondatu SKM, memang didorong oleh semangat untuk mengangkat derajat wanita. Bahwa, perempuan sesungguhnya punya kemampuan yang setara dengan laki-laki untuk berkompetisi dalam berbagai bidang termasuk dunia usaha. Semangat perjuangan itulah yang menjadikan kedua perempuan itu kini memiliki kemapaman dan kemandirian ekonomi.

“Menjadi seorang perempuan harus tangguh dan kuat, harus mampu menghadapi segala tantang dan cobaan, tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. Prinsip ini yang selalu menjadi pegangan saya,” ucap Yulinda Patasalang, saat ditemui disela-sela kesibukannya, kemarin (20/4).

Yulinda menceritakan, usaha butik Yoe Collection mulai dia rintis pada 1998. Saat itu masih dalam masa krisis moneter (krismon). Tapi dia tetap memutuskan untuk membuka usaha butik di rumahnya di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Meskipun berada dalam masa ekonomi yang sulit, Yulinda tetap meneruskan usahannya. Berusaha ditengah krismon, membuat Yulinda jatuh bangun.

Namun dia tetap memiliki semangat dan daya juang yang tinggi dalam merintis usahannya. Usai krismon tepatnya 2004, usaha yang digeluti Yulinda mulai berkembang. Dan akhirnya bisa melebarkan usaha. Selain membuka butik di jalan HB Jassin, Yulinda juga membuka cabang di Mall Gorontalo. Yulinda tak menyangka, butik Yoe Collection kini telah menjadi sangat populer di masyarakat Gorontalo. “Semua keluarga mendukung usaha ini. Alhamdulillah berkat dukungan tersebut saya bisa seperti saat ini,” kata isteri dari Agus Yunanto ini.

“Alhamdulillah usaha saya di Gorontalo Mall sampai sekarang masih terus bertahan dan diminati oleh masyarakat umum. Membuka usaha di Gorontalo Mall itu merupakan keberanian saya dalam berusaha,” sambung ibu dua orang anak ini.

Terkait dengan peringatan hari Kartini , perempuan kelahiran 5 Juni ini menyerukan kepada semua perempuan untuk tetap selalu tampil berani, dan jangan pernah hilangkan rasa takut dalam berusaha. “Kalau dulu ibu Kartini berjuang melawan penjajah, dia sangat berani. Semangat berani itulah yang patut kita ambil, tanpa melupakan kodrat kita sebagai perempuan,” pungkasnya.

Sementara itu, sukses yang kini juga dikecap oleh pemilik toko olahraga Ibnu Sina, Neli Bilondatu SKM, juga dilatari oleh keingiannya untuk bisa mandiri secara ekonomi. Ibu kelahiran 14 Desember 1982 itu, ingin mendapatkan sumber penghasilan keluarga tanpa harus mengorbankan keluarga. Inilah yang mendasari keputusannya membuka toko alat-alat kesehatan.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar