Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jangan Salah Pilih, Ini Jenis Kopi yang Ampuh Atasi Diabetes dan Penyakit Jantung

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 3 Januari 2023 | 14:05 Tag: , , , , , , ,
  Ilustrasi, biji kopi. (Freepik/jcomp)

Hargo.co.id, JAKARTA – Praktisi Kesehatan dr. Zaidul Akbar membeberkan manfaat kopi yang ternyata dahsyat untuk membantu mengatasi diabetes hingga penyakit jantung.

Hal tersebut diungkapkan ahli herbal itu dalam keterangan yang dilansir dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Selasa (3/1/2023).

banner 728x485

Menurut dr. Zaidul Akbar, bahwa kopi yang dimaksud dapat mengatasi diabetes dan juga penyakit jantung ini tentunya adalah kopi berbahan dasar herbal, seperti kunyit dan juga gula aren.

dr. Zaidul Akbar membeberkan, banyaknya kandungan pada herbal yang berbahan dasar kunyit dan gula aren ini mampu mencegah diabetes dan penyakit jantung.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menyebutkan bahwa kopi herbal yang berbahan dasar kunyit dan gula aren ini sering disebut dengan Turmeric coffee.

Turmeric coffee sendiri mengandung asam caffeic, yang mana asam caffeic (3,4-dihydroxycinnamic acid), adalah senyawa organik dan antioksidan kuat yang ada secara alami pada tumbuhan.

dr. Zaidul Akbar menjelaskan, bahwa asam caffeic merupakan sejenis polifenol kelas mikronutrien yang dikenal karena sifat antioksidannya.

Nutrisinya tersebut diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya kemampuan antiradang, antikanker, dan antivirus.

“Tidak hanya dapat mengatasi diabetes dan juga penyakit jantung, kandungan asam caffeic dapat membantu meningkatkan kinerja atlet,” ungkap dr. Zaidul Akbar.

Sebenarnya, sumber asam caffeic yang paling umum dalam makanan manusia adalah dari minum kopi.

Selain dari kopi, asam caffeic juga ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, lalu jenis herbal tertentu.

“Beberapa contoh makanan yang mengandung asam caffeic adalah kopi dan kunyit. Walau dinamakan Turmeric coffee, sebenarnya asam caffeic sendiri tidak ada hubungannya dengan kafein,” jelas dr. Zaidul Akbar.

Asam caffeic adalah antioksidan yang dikenal membantu mencegah oksidasi molekul lain di dalam tubuh.

Asam caffeic diklaim dapat mencegah beberapa jenis penyakit sebagai berikut:

– mengurangi peradangan
– mencegah kanker
– mencegah toksisitas yang terkait dengan kemoterapi dan radiasi
– mencegah diabetes
– mencegah penuaan dini
– mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson
– mengurangi kelelahan terkait olahraga

Berikut cara membuat kopi herbal dari kunyit dan gula aren atau yang lebih dikenal dengan Turmeric coffee.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

– 5cm kunyit.
– Kopi 1 sdt.
– Air 100 cc.
– Gula aren secukupnya.

Cara membuat kopi herbal:

Pertama haluskan kunyit dan seduh dengan air panas sebanyak 40 ml. Kemudian diamkan selama 5 menit agar kandungan dalam kunyit keluar semua.

Setelah itu seduh kopi dengan 100 cc air panas lalu kemudian diamkan.

Selanjutnya, siapkan gelas lalu masukan gula aren secukupnya. Setelah itu masukan air rebusan kunyit tadi lalu aduk bersama gula aren, setelah hangat Turmeric coffee ini siap untuk diminum

“Resep di atas setelah hangat bisa ditambahkan jahe yang sudah digeprek atau air jahe tambahkan secukupnya,” kata dr. Zaidul Akbar. (GenPI.co)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “Jenis Kopi ini Ternyata Ampuh Atasi Diabetes dan Penyakit Jantung, Jangan Salah Pilih“. Pada edisi Selasa, 03 Januari 2023.
(Visited 32 times, 1 visits today)

Komentar