Hamka Hendra Noer saat memberikan sambutan pada kegiatan silaturahmi antara jajaran Pemprov Gorontalo, Forkopimda dengan BMPD Gorontalo, Selasa (3/1/2023). (Foto: Istimewa)

Masuk 10 Besar Terendah Nasional, Inflasi di Gorontalo Terus Ditekan

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk terus menekan angka inflasi setelah daerah itu berhasil masuk 10 besar inflasi terendah nasional pada year on year (yoy) tahun 2022 yang diumumkan oleh Badan Pusat Statistik RI.

Komitmen tersebut terungkap pada kegiatan silaturahmi antara jajaran Pemprov Gorontalo serta Forkopimda dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Gorontalo, yang berlangsung di RM Meranti Indah, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (3/1/2023).

banner 728x485

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan, dengan dicabutnya status PPKM oleh Presiden RI di penghujung tahun kemarin menandakan bahwa tahun 2023 merupakan tahun dimana setiap daerah telah memasuki kehidupan normal.

“Alhamdulillah dengan koordinasi kita semua khususnya dengan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo masuk 10 terbaik tingkat inflasi terendah. InsyaAllah tahun 2023 ini kalau covid-19 sudah tidak ada, ekonomi akan bergerak dan ekonomi lokal akan tumbuh,” kata Hamka Hendra Noer.

Dengan status kehidupan yang kembali normal, kata Hamka Hendra Noer, aktivitas perekonomian diharapkan bisa kembali menuju tingkat pertumbuhan yang lebih baik dari sebelum Covid-19. Karena itu, komitmen bersama untuk menjaga inflasi tersebut menjadi sangat penting untuk dijalankan.

Dirinya berharap, perbankan di Gorontalo dapat terus berkontribusi terhadap perekonomian, khususnya dengan mendorong penyaluran kredit ke sektor-sektor prioritas sehingga perekonomian di Gorontalo dapat semakin terakselerasi di seluruh sektor sekaligus untuk pertumbuhan yang lebih inklusif dan berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

“Apalagi APBD Provinsi Gorontalo sangat kecil sekitar 1,8 triliun, itu pun 75 persen dana transfer pusat dan 25 persen adalah PAD. Karena itu, marilah sama-sama kita menatap tahun 2023 ini dengan lebih optimis, terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai pertumbuhan yang lebih baik di 2023 ini,” Katanya menuturkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Roni W. Purubaskoro. Dirinya mengucapkan terimakasih atas komitmen dan kerjasama yang telah terjalin selama ini sehingga membuat Inflasi Provinsi Gorontalo tahun 2022 masuk berada di bawah nasional.

“Kami dari unsur perbankan Provinsi Gorontalo menyampaikan terimakasih kepada pak gubernur dan jajarannya dan juga Forkopimda, karena Provinsi Gorontalo berhasil dari pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga juga stabilitas sosial politik,” kata Roni W. Purubaskoro.

Saat ini, lanjut Roni W. Purubaskoro Bank Indonesia dan OJK terus mendorong akselerasi perekonomian dari sisi pembiayaan dan juga dari sisi mempercepat transaksi ekonomi.

“Keberhasilan menekan inflasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras kita bersama, di mana di tengah covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia, Provinsi Gorontalo mampu menekan inflasi hingga di angka 5,16 persen dan ini berada di bawah nasional yaitu 5,51 persen,” Pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *