Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Juara Giro d’Italia 2017, Tom Dumoulin: Ini Benar-benar Gila!

Oleh Aslan , dalam Sportivo , pada Selasa, 30 Mei 2017 | 01:00 Tag:
  

Giro d’Italia 2017

Hargo.co.id – Pembalap sepeda asal Belanda, Tom Dumoulin dari Tim Sunweb, menyabet gelar grand tour perdananya melalui kemenangan di Giro d’Italia 2017. Dia mengungguli saingan utamanya dalam individual time-trial (ITT) di etape terakhir, Minggu (28/5).

Pembalap Kolombia, Nairo Quintana (Movistar) menempati posisi kedua di klasemen umum, tertinggal 31 detik di belakang Dumoulin. Sementara, pembalap Italia yang sekaligus juara bertahan, Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida), menempati posisi ketiga, dengan terpaut 40 detik.

“Ini benar-benar gila, saya tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata. Hari itu sangat menegangkan, tapi saya berhasil melakukannya, saya memiliki kaki yang bagus,” kata Dumoulin seperti dikutip Marca.

Tom Dumoulin finis di posisi kedua pada etape terakhir Giro d'Italia 2017.

Tom Dumoulin finis di posisi kedua pada etape terakhir Giro d’Italia 2017.(cyclingnews.com)

Spesialis ITT berusia 26 tahun ini mulai menancapkan namanya sebagai pembalap grand tour pada 2015 saat dia menempati posisi keenam dalam klasemen keseluruhan balap sepeda Tour of Spain.

Dia kehilangan jersey pink simbol pemimpin klasemen Giro d’Italia pada etape ke-19 saat kesulitan pada kategori mendaki, tapi menempatkan diri dalam posisi yang bagus untuk balapan 29,3km dari Monza hingga Milan pada Minggu.

Dumoulin finis di posisi kedua di belakang pembalap senegaranya Jos van Emden (LottoNL-Jumbo) pada etape tersebut, tapi para pesaingnya di klasemen, finis jauh di belakang dia. Alhasil, Domoulin berhak menjadi pembalap pertama Belanda yang memenangi grand tour Giro d’Italia.

Pebalap sepeda Prancis Thibaut Pinot (FDJ) menempati posisi keempat dalam klasemen umum, di depan pebalap sepeda Rusia Ilnur Zakarin (Katusha).

Hasil Etape 21 (Terakhir)

1. Jos Van Emden (Belanda) Team LottoNI-Jumbo 33:08 mt

2. Tom Dumoulin (Belanda) Team Sunweb +15 dt

3. Manuel Quinziato (Italia) BMC Racing Team +27 det

Klasemen Akhir

1. Tom Dumoulin (Belanda) Team Sunweb 90:34:54 jam

2. Nairo Quintana (Kolombia) Movistar Team +31 det

3. Vincenzo Nibali (Italia) Bahrain-Merida +40

(hg/ira/JPG)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar