hari kesaktian pancasila

KCIC Incar Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

×

KCIC Incar Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

Konsesi dan Hak Eksklusif Masih Alot

hari kesaktian pancasila

Hargo.co.id JAKARTA – Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung masih tersendat karena belum adanya izin pembangunan dari Kementerian Perhubungan selaku regulator.

Namun, konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) rela berkeringat, karena target yang lebih besar sudah diincar, yakni proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Example 300250

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Anggoro Budi Wiryawan mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan kajian terkait proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya yang berjarak 750 kilometer.

”Jadi Jakarta-Bandung ini tahap awal,” ujarnya saat ditemui di Kantor Staf Presiden kemarin (9/2).

Saat ditanya Jawa Pos apakah KCIC juga sudah menyiapkan rencana bisnis terkait pengembangan jalur kereta cepat dari Jakarta-Surabaya, Anggoro tersenyum. Menurut dia, semua potensi akan dijajaki. ”Kita belajar dulu dari yang pertama ini,” katanya.

hari kesaktian pancasila

Sebagaimana diketahui, awal rancangan proyek kereta cepat yang diajukan investor Jepang adalah rute Jakarta-Surabaya. Namun, untuk tahap awal, pemerintah memprioritaskan jalur Jakarta-Bandung terlebih dahulu.

Saat itulah investor Tiongkok (China Railway) bergerak cepat menelikung investor Jepang, dan akhirnya ditetapkan sebagai pemenang dalam proses beauty contest setelah membentuk PT KCIC bersama konsorsium BUMN.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung memang menjadi fase awal pengembangan kereta cepat yang akan membentang dari Jakarta hingga Surabaya.



hari kesaktian pancasila