Senin, 29 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komunikasi Sebagai Kunci Menjalankan Tupoksi

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Ketua Panitia Hak Angket, Ariyati Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Komunikasi merupakan kunci dalam menjalankan pelaksanaan pemerintahan. Termasuk bagi para anggota DPRD yang ketika turun lapangan atau dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab baik secara kelembagaan maupun tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Ariyat Polapa saat berbincang dengan awak media ini. 

“Komunikasi merupakan kunci dari segala hal. Termasuk kami di DPRD seperti dalam pelaksanaan reses, maka harus ada penjelasan yang disampaikan terkait dengan reses dan juga aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kenapa harus dikomunikasikan? Kenapa harus dijelaskan terutama kepada masyarakat? Menurut Ariyati Polapa, jangan sampai ada kesalahpahaman atau misunderstanding yang pada akhirnya terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. 

“Sehingga perlu dijelaskan dengan baik agar ada informasi yang diterima oleh masyarakat sehingga mereka akan mengerti dan dari mengerti tersebut akan menjadi paham bahwa seperti inilah prosesnya,” kata Ariyati Polapa.

Banyak persoalan yang terjadi kata Ariyati karena berawal dari persoalan yang dapat dikatakan sepele, yakni komunikasi. 

“Yang perlu dipahami adalah komunikasi yang dibangun adalah komunikasi dua arah, sehingga ketika dijelaskan dan ada pertanyaan balik maka dijelaskan lagi sampai semuanya jelas dan dipahami, agar kedepan tidak ada lagi pertanyaan lain karena semuanya telah dijelaskan sebelumnya,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar