Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kursi Peninggalan Alm. Djafar Ismail Masih Kosong

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Legislatif , pada Jumat, 8 Oktober 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga saat ini, kursi peninggalan Alm. Djafar Ismail masih kosong. Padahal, sejak 15 Agustus 2021 lalu, almarhum meninggalkan beberapa kursi yakni sebagai Ketua DPRD, Anggota DPRD dan Ketua DPC PDI Perjuangan Gorontalo Utara (Gorut). 

Informasi yang berhasil dihimpun, belum ada kejelasan kapan kursi kosong itu akan diisi. Artinya, belum ada kejelasan terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Gorontalo Utara. Juga PAW anggota legislatif dari daerah pemilihan Kwandang-Tomilito-Ponelo Kepulauan.

Dihubungi media ini, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau mengungkap jika proses PAW tengah berjalan. 

“Untuk PAW itu masih dalam proses sesuai dengan mekanisme dan juga aturan organisasi yang ada,” jelasnya.

Secara terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwan) Gorontalo Utara, Fahrudin Lasulika mengaku jika pihaknya siap menindaklanjuti jika sudah ada surat yang masuk ke sekretariat DPRD. 

“Namun hingga saat ini, belum ada surat terkait PAW Ketua DPRD dan PAW Anggota DPRD yang masuk. Sikap kami menunggu surat yang masuk. Jika sudah ada surat yang masuk, maka akan diproses sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Lalu apa yang menjadi alasan kenapa kursi tersebut harus terisi? Fahrudin Lasulika menjelaskan bahwa yang menandatangani APBD 2022 nanti adalah ketua DPRD. 

“Meskipun jabatan pimpinan kolektif kolegial, namun untuk urusan penandatanganan APBD, harus ketua DPRD,” tegasnya.    

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua KPU Gorontalo Utara, Munawir Ismail. Menurutnya, KPU Gorontalo Utara belum menerima surat tentang PAW Anggota DPRD dari PDI Perjuangan. 

“Kami belum menerima surat terkait proses PAW tersebut. Terkait dengan PAW Anggota DPRD tersebut, bukan surat dari partai yang akan kami terima. Namun surat dari pimpinan DPRD. Ketika surat terkait PAW kami terima, pastinya itu akan segera kami proses,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 60 times, 1 visits today)

Komentar