Hargo.co.id, GORONTALO – Seminggu sudah warga Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Pohuwato belum juga mendapatkan pasokan air bersih dari Perumdam Tirta Molango. Kondisi ini tentu sangat merugikan masyarakat yang sedang menjalani ibadah puasa. Mereka terpaksa harus menerima kondisi air bersih PDAM yang sudah hampir seminggu ini macet. Tak hanya itu, warga pun dibuat kesal lantaran respon yang kurang mengenakkan dari pegawai Perumdam Tirta Molango Pohuwato.
Diungkapkan salah satu warga yang berada di kompleks Perumahan Tulus Zanur Park Palopo, untuk kebutuhan air bersih baik untuk keperluan mandi cuci kakus termasuk untuk kebutuhan air wudhu menjadi terganggu. Bahkan terkadang, warga terpaksa harus menumpang di kamar mandi warga lain atau perkantoran. Dirinya pun menyayangkan kondisi yang berulang tersebut seolah tak dapat ditemukan solusinya oleh pihak Perumdam Tirta Maleo.
“Tiap bulan keluhan bagitu, bahkan pernah sampai 3 minggu. Baru tidak ada solusi pak. Kasian torang ini so setengah mati skali. Belum kalau puasa bagini, ya mau tidak mau baku angka dengan ember dari sebelah,” tuturnya dengan nada kesal saat ditemui, Rabu (29/3/2023).

Tak hanya itu, dirinya pun dibuat geram oleh pelayanan pihak Perumdam Tirta Molango, yang terkesan menyepelekan keluhan masyarakat. Tak jarang, kata dia, oknum pegawai pun justru memarahi pelanggan.
“Masa kita ini mengeluh malah dorang anggap mengganggu. Torang ini butuh air dan Ini torang tidak karang-karang,” tambahnya.
Dirinya juga berharap Pemerintah Daerah maupun instansi terkait lainya dapat mendesak pihak Perumdam untuk mencarikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat.
“Ini kan sudah berulang-ulang dan sudah sejak lama, masa tidak ada solusi yang dorang mo beken. Parahnya, dari mereka sampaikan andai ada solar pasti ada mobil tanki yang bakal salurkan air bersih, bah maksudnya untuk solar ini torang masyarakat yang harus pikirkan,” tanya warga.
Sementara itu, saat dikonfirmasi, Direktur Perumdam Tirta Molango, Khairudin Usman, menjelaskan distribusi air bersih yang terjadi saat ini dikarenakan pipa induk PDAM di dua titik putus dan sedang dalam perbaikan. Hanya saja, dirinya menyangkal jika kondisi tersebut terjadi setiap bulannya.
“Ah tidak juga setiap bulan macet. Kalau sekarang ini torang pe Pipa diatas putus di dua titik. Penyebabnya pipa so tua juga dan sekarang sedang dalam perbaikan Insya Allah besok sudah bisa. Cuman untuk wilayah Palopo itu, anggota saya sudah turun dan mereka sampaikan ada air disana,” jelasnya.
Ditambahkanya pula, seluruh unit pelayanan di Perumdam Titra Molango terus mengedepankan sistem pelayanan yang ramah.
“Saya tidak yakin kalau anak buah saya begitu model pelayanannya. Torang ini so dengan sangat ramah sekali kalau mau ba layani pelanggan, cuma kan perasaan pelanggan beda-beda. Cuman untuk keluhan ini nanti akan saya cek lagi dilapangan,” pungkas Khairudin.(*)
Penulis: Riyan Lagili