Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Legislator Diminta Maksimalkan Fungsi Kontrol

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 8 Januari 2022 | 12:05 PM Tag: , ,
  Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo diminta untuk memaksimalkan fungsi kontrol. Apalagi sudah diatur dalam undang-undang bahwa DPRD harus mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan. 

Penegasan ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Sam T. Ase yang mena menurutnya fungsi ini dianggap penting dan perlu. Perlu mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam menjalankan peraturan daerah, peraturan kepala daerah, APBD dan kebijakan pemerintah daerah lainnya dalam melaksanakan program pembangunan. 

“Salah satu Tupoksi DPRD adalah pengawasan, terutama masalah peraturan daerah dan perundang-undangan, dalam hal tugas dan wewenang DPRD,” tegasnya pada Jumat (07/01/2021).

Politisi PPP ini mengatakan, fungsi pengawasan merupakan fungsi paling penting karena segala sesuatu tanpa adanya kontrol tentu akan mengakibatkan mutu pekerjaan atau bentuk kegiatan akan tidak memiliki kualitas, terutama pada infrastruktur. 

“Fungsi Controlling merupakan bentuk keseimbangan dalam upaya mensinergikan program kerja pemerintah daerah,” ujarnya. 

Lebih lanjut Irwan mengatakan, fungsi controlling ini berlaku bagi semua aleg, dan peran itu ada disetiap komisi-komisi, dimana dari tiap-tiap komisi akan lebih jelas bentuk pengawasan di bidang masing masing. 

“Seperti di Komisi I mengawasi di Bidang Hukum, Perundang-undangan, Komisi II di Bidang Perekonomian, Komisi III lebih terfokus di sektor pembangunan dan energi,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar