Kab. Bone Bolango

Logistik Pemilu di Bone Bolango Tuntas Terdistribusi, Merlan: Besok Diteruskan ke TPS

×

Logistik Pemilu di Bone Bolango Tuntas Terdistribusi, Merlan: Besok Diteruskan ke TPS

Sebarkan artikel ini
Logistik Pemilu di Bone Bolango Tuntas Terdistribusi
Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli ketika melepas pendistribusian logistik yang dilaksanakan KPU setempat, Selasa (13/2/2024).

Hargo.co.id, GORONTALO – Pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) yang akan digunakan di tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Bone Bolango tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Berita Terkait:  Banyak Kubangan, Jalan Menuju Wisata Danau Perintis Dikeluhkan

badan keuangan

Ini artinya sebanyak 122.773 warga Bone Bolango siap memilih di 509 TPS. Di kutip dari berita.bonebolangokab.go.id, jumlah pemilih tersebut, berdasarkan rekapan berita acara rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2024.

Di berita acara itu pula, tercantum jumlah kecamatan yang memiliki jumlah pemilih terbanak. Yaitu, Kabila dengan jumlah pemilih sebanyak 17.499 dengan jumlah 66 TPS di 12 kelurahan dan desa.

Berita Terkait:  Merlan Siap Support Intermediate Training HMI

badan keuangan

Di posisi kedua, Kecamatan Tilongkabila dengan 14.449 pemilih. Para pemilih akan menyalurkan hak suaranya di 56 TPS yang tersebar di 14 desa. Selanjutnya diposisi ketiga ada Kecamatan Suwawa dengan 9.834 pemilih. Jumlah TPS di kecamatan tersebut, sebanyak 38 TPS di 10 desa.

Sementara jumlah pemilih terendah ada di Kecamatan Pinogu dengan 1.535 pemilih yang tersebar di lima desa dengan jumlah delapan TPS. 
Berita Terkait:  Merlan Siap Wujudkan Keinginan Warga Boludawa, Mulai dari Pemekaran Hingga Penanganan Sampah

Ketua KPU Bone Bolango, Sutenti Lamuhu, mengungkapkan logistik yang didistribusikan berjumlah 24 jenis, di antaranya kotak suara, bilik suara, surat suara, semua jenis formulir, alat kelengkapan TPS seperti tanda pengenal saksi, tanda pengenal KPPS, tinta, alat coblos, dan paku coblos.

“Ini semua didistribusikan di 17 Kecamatan yang ada di Bone Bolango menggunakan 20 truk. Sementara untuk Kecamatan Pinogu sudah kita didistribusikan pada hari Minggu kemarin dan sebagian wilayah Kecamatan Kabila Bone dan Bulango Ulu pada senin kemarin,” ungkap Sutenti.

Berita Terkait:  Ini Salah Satu Strategi Merlan Uloli Tekan Kemiskinan

Sutenti menuturkan untuk kesiapan TPS berdasarkan pemantauan pihak KPU sudah mencapai 80 persen. Sementara untuk surat pemberitahuan undangan memilih, kata dia sudah didistribusikan 100 persen.

“Jumlah TPS di Bone Bolango sebanyak 509 tersebar di 160 Desa dan 5 Kelurahan di 18 Kecamatan. Sementara untuk total surat suara sebanyak 126.476 dari jumlah DPT ditambah 2 persen untuk masing-masing jenis pemilihan,” katanya.

Berita Terkait:  Merlan: Zakat Fitrah Harus Diprioritaskan

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli berharap pendistribusian logistik

Pemilu Serentak tahun 2024 ini tidak mendapatkan halangan dan pihak penyelenggara di tingkat Kecamatan

sudah siap melakukan penerimaan.

“Ini kita kawal sama-sama sehingga besok pada saat distribusi di masing-masing TPS bisa berjalan dengan lancar,” harapnya sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama dan berkoordinasi mengawal proses tahapan Pemilu Serentak tahun 2024.(Rilis) 

Berita Terkait:  Tekan Stunting dan Kemiskinan, Merlan Minta BPD Turut Berperan Aktif