Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



LUAR BIASA, Era MADU, Kota Gorontalo Hactrick WTP

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 22 Mei 2017 | 15:45 PM Tag: , , , ,
  

KOTA, hargo.co.id – Transparansi dan manajeman pengelolaan anggaran, dapat dimulai dari perencanaan yang matang, realisasi hingga pertanggung jawaban.

Dalam kaitan tersebut, pemerintah Kota Gorontalo terus berupaya menciptakan iklim transparansi dalam melaksanakan kinerja keuangan di lingkungan pemerintah Gorontalo.

Tujuannya, tentu sebagai bentuk pertanggung jawaban pemerintah kepada rakyat yang telah memberikan amanah perintahan.

Pengelolaan anggaran sendiri menyangkut program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sesuai sektor yang digarap, yang berhubungan dengan pemaksimalan manfaat anggaran atas program yang dilaksanakan.

Sementara itu, kinerja pelaksanaan anggaran, merupakan rentetan kegiatan yang dimulai dari perencanaan, realisasi, pengendalian dan pengawasan, hingga pelaporannya.

Semua itu memerlukan kinerja yang profesional yang diawasi oleh undang undang dan terhadapnya diberikan reward dan phunismant sesuai mekanisme yang berlaku.

Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) merupakan bagian dari reward atau penghargaan bagi daerah, yang diberikan oleh Pemerintah pusat melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas prestasi pengelolaan anggaran yang dianggap maksimal di daerah.

Kota Gorontalo, dalam masa pemerintahan Walikota Marten Taha dan Wakil Walikota Charles Budi Doku, sejak tahun 2015 hingga tahun ini telah tiga kali berturut turut meraih penghargaan WTP dari BPK.

Yang terakhir diserahkan pada Jumat (19/5) pekan kemarin, dan sepertinya akan menjadi kado istimewa HUT pemerintahan Walikota Marten Taha dan Wawali Charles Budi Doku di Kota Gorontalo. Pemerintah Kota Gorontalo dianggap sukses melakukan kebijakan anggaran selama tahun 2016, hingga melahirkan WTP yang ketiga untuk Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo Marten Taha dalam penyampaiannya menuturkan, memang tidak mudah untuk bisa meraih WTP. Menurut Walikota, WTP berkaitan dengan kepatuhan terhadap undang undang baik dalam hal perencanaan keuangan, pengelolaan dan pengendaliannya, serta kesesuaian dengan peruntukannya.

“Nah, pengelolaan anggaran tentu digarap secara bersama sama oleh seluruh stakeholder di Kota Gorontalo, serta didalamnya pula ada peran pengawasan dari DPRD Kota Gorontalo, sehingga penghargaan WTP yang ketiga kalinya ini, adalah buah dari kerja sama, kerja keras, dan kerja cerdas yang telah ditunjukkan seluruh stakeholder pemerintah Kota Gorontalo.” ujar Marten.

Pemerintah Kota Gorontalo lanjut Marten, sejauh ini telah melaksanakan beberapa langkah strategis dalam manajemen penganggaran di daerah.

“Kita melakukan inventarisasi atau pendataan, dan penataan aset di Kota Gorontalo agar tertata dengan baik, penatausahaannya bisa terdeskripsi dengan baik, selain itu, kita juga melaksanakan penatausahaan keuangan yang dilaksanakan secara terkontrol, dimana kami sudah mengimbau seluruh SKPD untuk melakukan kontrol atas penggunaan keuangan di daerah,” ujar Walikota.

Penghargaan WTP sendiri kata Walikota juga menjadi bentuk keberhasilan masyarakat Kota Gorontalo yang sejauh ini telah menunjukkan dukungan positif atas berbagai program dan kegiatan yang telah dilakanakan oleh pemerintah daerah.

“Tentunya ada beberapa masukan dari BPK yang masih perlu untuk kami tindak lanjuti lagi,” tandas Walikota.

Sementara itu, Kepala Badan keuangan Kota Gorontalo Abdul Fitri Sumaga menuturkan, diraihnya WTP kali ini, menjadi sebuah pemicu semangat untuk terus bekerja dalam meningkatkan kinerja dalam penatakelolaan keuangan di Kota Gorontalo yang semuanya berkaitan dengan kinerja masing masing SKPD.

Salah satu hal yang diwujudkan adalah, adalah terus mengupayakan peningkatan kapasitas dan keterampilan stakeholder pengelola keuangan yang dapat ditempuh diantaranya melalui pelaksanaan Bimtek dan pelatihan.

“Insha Allah dengan semangat WTP ini, semangat kinerja kami selaku aparat akan terus termotovasi,” tandasnya. (hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar