Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masa Kecil Menpora RI Diceritakan Dalam Pantun Berbahasa Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 19 September 2022 | 20:05 Tag: , , , ,
  Tangkapan Layar, Sri Rahayu Miu membawakan pantun yang menceritakan masa kecil Menpora RI Zainudin Amali. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Zainudin Amali, tokoh nasional asal Gorontalo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI merupakan salah satu dari beberapa tokoh yang menjadi kebanggaan masyarakat Gorontalo.

Kedatangannya ke Gorontalo beberapa hari kemarin selain dalam Rangka kunjungan kerja, tentu juga dirasakan oleh masyarakat Gorontalo sebagai momen pulang kampung. Beberapa tradisi penyambutan dalam tradisi Gorontalo pun dilakukan.

Tak hanya itu, beberapa kelompok seniman juga mempersembahkan karyanya dalam bentuk karya sastra Gorontalo. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sri Rahayu Miu, mahasiswa Sendratasik Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Diiringi oleh petikan gambus oleh alumnus UNG Ling-ling, Sri Rahayu Miu membawakan pantun yang menceritakan masa kecil Zainudin Amali saat masih tinggal di Desa Buhu, salah satu desa yang berada di tepian Danau Limboto tempat Zainudin Amali menghabiskan masa kecilnya.

Dibawah pengarahan langsung Rektor UNG, Eduart Wolok, Cuplikan masa kecil Menpora di Gorontalo berhasil ditampilkan kepada melalui bait-bait pantun dalam bahasa Gorontalo yang diiringi dengan Gambus, alat musik petik tradisional di Gorontalo.

Pelantunan pantun tersebut memukau para Rektor se Indonesia yang hadir pada Focus Group Discussion Implementasi MBKM untuk Mendukung DBON yang merupakan salah satu agenda Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Gorontalo di Ballroom Hotel TC Damhil UNG, Jumat (16/9/2022).

“Pelantunan pantun tersebut adalah satu bagian dari sastra lisan kebudayaan masyarakat Provinsi Gorontalo. Dahulu, ketika memperkenalkan para tokoh-tokoh, masyarakat Gorontalo menggunakan pantun sebagai medianya,” kata Eduart Wolok. (*)

Berikut cuplikan pantun tersebut :

NA’O-NA’O DE TALAGA

(JALAN-JALAN KE TELAGA)

UMALO HIRAMEYALO

(SUDAH BERAMAI-RAMAI)

TI MENTERI LO OLAHRAGA

(MENTERI OLAHRAGA)

ASALI LO HULONTHALO

(ASAL DARI GORONTALO)

(Visited 121 times, 1 visits today)

Komentar