Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Melihat Aktivitas Hari Raya Nyepi umat Hindu di Wonosari, Boalemo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 10 Maret 2016 | 20:50 Tag: , , , ,
  

Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi. Umat Hindu yang mediami tiga desa itu, kemarin juga tampak khusyuk melakukan penyepian. Mereka melakukan puasa aktivitas.

“Tidak ada hiburan dalam bentuk apapun misalnya nonton TV dan dengar musik. Dengan malakukan ibadah ritual. Kita merenung kedalam diri masing masing, apakah kita sudah berbuat selama setahun kemarin sambil mengevaluasi diri apa yang sudah kita perbuat dan apa yang belum kita perbuat. Dengan Harapan setahun kedepan kita menjadi yang terbaik dari tahun sebelumnya,”kata Anggota PHDI Kabupaten Boalemo I Dewa Gede Putra Wediana.

Umat hindu merayakan nyepi 24 Jam, sejak matahari terbenam kemarin, hingga matahari kembali terbenam hari ini. Sebelum melakukan puncak Nyepi, umat Hindu di Wonosari terlebih dahulu melakukan ritual dengan merangak ogoh-ogoh keliling kampung.

Ogoh-ogoh adalah bone raksasa melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta, dan waktu yang maha dahsyat. Kekuatan itu dapat dibagi dua, pertama kekuatan Bhuana Agung, yang artinya kekuatan alam raya, dan kedua adalah kekuatan Bhuana Alit yang berarti kekuatan dalam diri manusia.

“Kedua kekuatan ini dapat digunakan untuk menghancurkan maupun membuat dunia bertambah indah,”jelas I Dewa Gede Putra Wediana.

(Visited 21 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar