Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menikmati Keindahan Alam “Raja Ampat” Riau

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Sabtu, 8 Juli 2017 | 01:00 Tag: ,
  

Keindahan panorama alam di Raja Ampat, Papua memang tersohor di segala penjuru dunia. Tidak sedikit wisatawan mancanegara (wisman) memburu keindahan alam di ujung timur Indonesia tersebut. Akan tetapi Raja Ampat kini memiliki “duplikasi” di Pulau Sumatera. Tepatnya Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Laporan: Saridal Maijar, Kampar

“Raja Ampat” itu lebih dikenal oleh warga setempat dengan nama objek wisata alam Ulu Kasok. Kalau dari Pekanbaru dapat diakses dengan jalan darat selama 2.5 jam.

Lokasinya tidak jauh dari Jembatan Rantau Berangin. Lebih tepatnya seputaran Danau Buatan Koto Panjang yang berada di pinggir jalan lintas Riau-Sumbar. Kini akses ke lokasi wisata itu ramai diperbincangkan di media sosial, karena mudah dijangkau.

Riau Pos (Jawa Pos Group) menyempatkan berkunjung ke lokasi wisata Ulu Kasok pada Kamis (6/7) pagi. Lokasi ini jelas terlihat dari jalan raya. Meski masih pagi Ulu Kasok sudah ramai dikunjungi. Ratusan kendaraan, seperti mobil, maupun sepeda motor sudah ramai terparkir ke lokasi ini. Untuk memasuki lokasi wisata alam itu pengunjung tak perlu mengeluarkan biasa yang besar untuk tiket masuk. Cukup Rp 5 ribu per orang.

Di lokasi ini menyajikan tiga objek wisata. Pertama air terjun Ulu Kasok, kedua wisata pulau, dan ketiga puncak Ulu Kasok. Akan tetapi puncak Ulu Kasok lebih menjadi primadona.

Bagi yang ingin ke Puncak Ulu Kasok, pengunjung harus menyiapkan tenaga. Sebab, menuju ke sana harus berjalan kaki melewati jalan tanah yang mendaki. Ada sekitar 500 meter jaraknya dari gerbang yang ditempuh dengan sekitar 15 menit berjalan kaki.

Meski menguras tenaga, namun sesampai di puncak, semua rasa lelah akan terbayar. Pemandangan yang indah, gugusan-gugusan pulau, akan terlihat jelas dari Puncak Ulu Kasok. Udara segar pun mengembalikan stamina. “Terobati capek kita kalau sampai di puncak ini. Rasanya kita sudah sampai di Raja Ampat,” kata Ibnu (25), pengunjung asal Pekanbaru.

Di sana, semua pengunjung mengabadikan gambar mereka. Tua muda, laki-laki perempuan. Dengan latar belakang danau dan gugusan pulau, semua bergaya. Ada yang sengaja membawa karena DSLR, ada juga yang menggunakan karena smartphone.

Di puncak, tidak hanya pemandangan lepas. Di sini, ada juga ayunan tempat bermain. Namun hati-hati, jika terpeleset ke jurang. Karena di lokasi ini, berbatasan langsung dengan jurang yang terjal sedalam 50 meter.

Masih di sekitar lokasi itu, juga disuguhkan pemandangan alam lainnya. Yakni, air terjun Ulu Kasik setinggi 5 meter. Untuk mencapai air terjun, juga harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Kemudian, di lokasi juga tersedia jasa speedboat mengelilingi pulau-pulau yang ada di sana. Tapi pengunjung juga harus berjalan sekitar 600 meter ke tepian danau. Di sinilah pengunjung menaiki speedboat. Cukup membayar Rp 15 ribu untuk berkunjung ke beberapa pulau yang di antaranya, Pulau Qeis, Pulau Trend Camp dan Pulau Fada Englands. (**/iil/JPG/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar