Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mulai Pekan Depan, 15 Hp Android Ini Tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Features , pada Senin, 20 September 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Ilustrasi HP dengan OS Android. (Pixabay)

Hargo.co.id – Google mengumumkan menghentikan dukungan pada seluruh layanannya yang dipasang di handphone (hp) dengan sistem operasi Android 2.3.7 ke bawah.

Imbasnya, pengguna hp Android yang dimaksud tidak bisa lagi mengakses layanan Google, seperti Youtube, Maps, hingga Gmail.

Google menyebut kebijakan tersebut untuk melindungi keamanan akun pengguna.

Pasalnya, sistem operasi Android lama berpotensi memiliki kerentanan yang belum ditambal, sehingga bisa membahayakan akun pengguna.

Dengan tidak lagi mendapat dukungan Google, maka pengguna hp Android dengan OS lama yang ingin masuk ke layanan Google akan ada kesalahan nama dan password.

Penarikan dukungan Google tersebut akan dimulai pada pekan depan.

“Jika perangkat masuk setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google,” bunyi pernyataan Google.

Bagi pemilik Android lama yang tetap pengin mengakses layanan Google, disarankan untuk secepatnya melakukan pembaruan sistem operasi (OS), seperti Android 3.0 ke atas.

Sistem operasi Android 2.3.7 sudah berjalan hampir 10 tahun, dan penggunanya pun sudah mulai berkurang seiring hadirnya perangkat dengan sistem operasi yang lebih anyar. (support/rdo/jpnn)

Berikut adalah beberapa HP Android yang masih menjalankan OS Gingerbread 2.3.7:

Sony Xperia Advance
Sony Xperia U
Sony Xperia ion
Sony Xperia Sola
Sony Xperia S
Acer Liquid Z
Acer Liquid Z Duo
Lenovo K800
Samsung Galaxy S
Samsung Galaxy S2
LG Optimus 3D Max
LG Optimus Elite
LG Spectrum
HTC Velocity 4G
Huawei Activa 4G

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “15 Hp Android tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail Mulai Pekan Depan, Buruan Dicek!“. Pada edisi Senin, 20 September 2021.
(Visited 8.259 times, 1 visits today)

Komentar