Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ospek, Tak Perlu Takut 

Oleh Berita Hargo , dalam Ragam , pada Kamis, 9 Agustus 2018 | 08:00 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id – Banyak orang yang menganggap bahwa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) menjadi sesuatu yang diikuti. Sebaliknya, masa orientasi sangatlah penting karena lingkungan sekolah sangat berbeda jauh dengan iklim perguruan tinggi.

Afni Dama, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang dulu juga pernah mengikuti kegiatan orientasi ini mengaku bahwa ada suka duka tersendiri, baik dari tahapan universitas, fakultas hingga jurusan atau program studi.

“Pastinya capek ya, karena harus ikut Ospek selama tiga hari berturut-turut. Tapi senang juga karena bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai macam daerah dengan berbagai macam karakter juga,” tutur perempuan yang bercita-cita menjadi seorang presenter ini.

Lewat masa orientasi, perempuan kelahiran 2 April 1997 ini mengaku dirinya bisa mengenal banyak tentang dunia perkuliahan. Kini, anak pertama dari Muchtar dama dan Farida Arkani ini sudah tidak menjadi peserta lagi, melainkan menjadi salah satu panitia.

Saat ditanya mengenai “Senior Galak”, Afni menuturkan bahwa menurutnya itu wajar. “Karena tidak semua didikan harus dilakukan dengan cara yang lembut, melainkan juga harus dengan cara yang tegas. Sebab, nantinya di dunia perkuliahan kita akan dihadapkan dengan dosen-dosen dari berbagai karakter, mulai dari yang baik sampai dosen killer,” ucap Afni.

Namun demikian, Afni ingin menjadi senior yang baik hati dan tidak sombong, bahkan akan memberikan contoh yang baik kepada adik-adik mahasiswa baru. Afni juga berpesan bahwa masa orientasi tidak perlu ditakuti karena perjuangan di masa depan selama di bangku perkuliahan akan jauh lebih berat.

“Maka untuk melewatinya harus dengan menyiapkan mental yang kuat salah satunya dengan mengikuti kegiatan orientasi kampus ini,” tandasnya.(tr61/gp/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar