Sabtu, 21 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penambang Emas Tanpa Izin di Marisa Kian Meresahkan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 3 Maret 2016 | 13:54 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id MARISA— Pemkab Pohuwato saat mengambil ancang-ancang untuk melakukan penertiban Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Pohuwato.

Ini dibuktikan dengan rapat koordinasi dan sosialisasi penertimban pertambangan yang diikuti oleh sejumlah penambang dan pemerhati lingkungan di Kecamatan Dengilo, Rabu (2/3).

Pertemuan ini dipimpin langsung Wakil Bupati Amin Haras Amin Haras yang didampingi Kepala BLH Hamka Nento, Camat Dengilo Usman Djanil dan unsur Polres Pohuwato. Wabup Amin menegaskan, bahwa kondisi lingkungan hidup saat ini sangat memprihatinkan dan diperparah dengan aktifitas Peti.

Akibatnya, pencemaran air sungai dengan sedimentasi yang sudah berefek pada lahan pertanian masyarakat dan menurunnya kualitas lingkungan hidup tidak bisa dihindari.

Tak hanya itu, kondisi ini juga diperparah dengan semakin turunnya debit air sungai dan tertutupnya Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga pemanfaatan air bersih yang dibutuhkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan telah tercemar.

“Nah, ini membutuhkan kerjasama baik Pemerintah, LSM, Pemerhati Lingkungan dan masyarakat untuk ikut bertanggungjawab dalam hal pencegahan maupun perlindungan dari rusaknya lingkungan hidup,”terangnya.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar