Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penebangan Pohon Lindung, Kepala BLH Jangan Asal Ngomong

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 8 Oktober 2016 | 10:49 AM Tag:
  

 

Hargo.co.id BONE BOLANGO – Menanggapi aksi penebangan pohon lindung yang berada di kawasan bahu jalan oleh kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bone Bolango seperti yang dilansir koran ini edisi (26/9), ditanggapi serius Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Huntu Barat, Hasbin Hasan.

Hasbin sangat menyayangkan pernyataan kepala BLH, dimana pohon-pohon trambesi yang berada dikawasan bahu jalan, khususnya di Desa Huntu Barat diklaim BLH ditebang oleh warga.

Padahal diakui Hasbian, pihak PLN-lah yang memangkas ranting pohon tersebut dan bukan warga. Itupun hanya rantingnya saja yang dipangkas dan bukan pohonya yang ditebang.

“Kami sangat menyayangkan pernyataan kepala BLH, bahwa masyarakat desa Huntu Barat kurang memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan dengan menebang pohon yang berada di bahu jalan,”kata Hasbin.

Lebih lanjut Hasbin mengatakan, kepala BLH jangan asal ngomong di koran, namun cross check langsung fakta di lapangan apa sebetulnya yang terjadi. “Jika memang selama ini pihak BLH Bone Bolango telah melakukan upaya pencegahan terhadap tindakan-tindakan masyarakat yang jahil menebang pohon dibahu jalan, tapi selama ini pihak BLH belum pernah melakukan sosialisasi di desa Huntu Barat akan arti pentingnya pohon lindung di bahu jalan,” ungkap Hasbin penuh kesal.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN, bahwa ranting pohon tersebut dipangkas dengan alasan telah menganggu aliran listrik yang ada. Untuk itu Hasbin menghimbau, kiranya pihak BLH Bone Bolango harus rajin turun lapangan, guna melihat sejauhmana masalah yang terjadi dan bukan hanya menerima laporan begitu saja tanpa konfirmasi dan cross check langsung di lapangan, yang pada akhirnya masyarakatlah yang selalu disalahkan. (roy/GP/Hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar