Kab. Gorontalo

Pentingnya Data Akurat dalam Menentukan Kebijakan

×

Pentingnya Data Akurat dalam Menentukan Kebijakan

Sebarkan artikel ini
Data Akurat
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membuka bimtek e-Data Sektoral Tahun 2023 dan Diseminasi Data Sektoral Bidang Sosial Tahun 2023, di Ballroom Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Rabu (25/10/2023).

Hargo.co.id, MANADO – Kebutuhan data dalam satu desa, bahkan hingga daerah sangat penting. Tanpa data yang akurat, pengambilan kebijakan akan tidak tepat.

badan keuangan

Demikian penegasan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka sekaligus memberikan materi pada kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) e-Data Sektoral tahun 2023 dan diseminasi data sektoral bidang sosial Tahun 2023 yang diselenggarakan di Ballroom Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Rabu (25/10/2023).

Nelson mengatakan, data sangat dibutuhkan untuk menentukan arah pembangunan desa hingga daerah. Tanpa ada data, kata dia, pasti pembangunan akan salah. Apalagi, tambah Nelson, terkait data sosial.

badan keuangan

“Sebagai pimpinan, kepala desa, camat dan saya sebagai Bupati amanah yang diberikan kepada kita semua ini semua untuk rakyat,” jelas Nelson.

Data juga, lanjut Nelson, dibutuhkan untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Nah data ini bagian dari evaluasi. Kalau kita punya data yang baik, maka tidak akan teriak-teriak apakah kemiskinan menurun atau tidak, apakah pelayanan dilakukan dengan baik atau tidak,” ungkap Nelson.

“Bisa dibayangkan orang yang tidak punya kemampuan dan bisa dikategorikan warga miskin, kemudian orang itu tidak masukkan dalam data kemiskinan. Itu artinya kita sudah berdosa dan tentunya pelayanan kinerja OPD terkait harus dipertanyakan,” imbuh bupati dua periode itu.

Lebih lanjut, Nelson mengutarakan, di Kabupaten Gorontalo begitu banyak bantuan yang disalurkan kepada masyarakat. Baik itu bantuan dari daerah, maupun pusat. Namun, kata dia, hal ini bukan menandakan banyak warga miskin di daerah yang dipimpinnya.

Namun, menurut dia, hal itu membuktikan jika data yang dikantongi oleh pihaknya adalah data yang akurat.

“Sehingga kemarin untuk cadangan pangan, dari 100.000 yang dialokasikan ke Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dapat 50.000, setengah dari seluruh penerima di Provinsi Gorontalo. Padahal kemiskinan kita Kabupaten Gorontalo sudah ranking tiga disbanding daerah lain. Selain itu, wilayah kita adalah yang paling besar, karena menunjukkan data yang baik dan peran desa mengusulkan dengan baik,” jelas Nelson.

Berita Terkait:  Kabupaten Gorontalo Tercepat Penyaluran Dana Desa Tahap II

Pun begitu, Nelson bilang, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, dimana ditingkat nasional indeks pembangunan statistik kita harus baik.

“Untuk Kabupaten Gorontalo sendiri kami sudah menerbitkan Perbup untuk satu data Kabupaten Gorontalo dan saya bertekad mengakhiri periode kedua saya, sesuai visi kita Kabupaten Gorontalo gemilang, madani mandiri menuju masyarakat madani harus kita capai dan jika dievaluasi sudah hampir 83 persen. Karena itu kita harus terus bekerja menuju masyarakat gemilang,” tutup Nelson.(*)

Penulis: Deice