Kamis, 19 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perayaan Ketupat Tersebar pada 20 Titik 

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 20 Juni 2018 | 10:03 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Kurang lebih ada 20 titik perayaan ketupat yang tersebar di Gorontalo. Mulai dari wilayah paling barat yakni Kabupaten Pohuwato hingga Kabupaten Bone Bolango.

Dari data yang berhasil dirangkum Gorontalo Post, 20 titik perayaan ketupat di Gorontalo diantaranya, tiga titik di wilayah Kota Gorontalo, tiga titik di Kabupaten Bone Bolango, empat titik di Kabupaten Gorontalo, dua titik di Kabupaten Boalemo dan delapan titik pelaksanaan di Kabupaten Pohuwato.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Yan Budi Jaya,SIK,MM melalui Kabag Ops Kompol Pietmon Tamalawe,SH menjelaskan, untuk Kota Gorontalo ada tiga lokasi yang biasanya menjadi pusat penyelenggaraan ketupat. Diantaranya di Kecamatan Kota Utara, Sipatana dan Kecamatan Dumbo Raya.

Oleh karena itu, guna mengamankan jalannya perayaan ketupat, ada kurang lebih 160 orang personil yang disiagakan. Baik itu yang akan menempati pos pelayanan hingga yang akan bertugas untuk mobile.

“Kami pun akan turut memantau pelaksanaan perayaan ketupat ini, karena ada pula oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang pesta minuman keras (Miras) dan hal ini bakal kami tindak tegas,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Gorontalo AKBP Purwanto,SIK melalui Kabag Ops AKP Dody Munandar,SIK mengemukakan, seperti tahun-tahun sebelumnya ada empat titik pelaksanaan perayaan ketupat di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Diantaranya, di Kecamatan Limboto Barat tepatnya di Desa Ombulo dan Yosonegoro, Kecamatan Tibawa di Desa Yosonegoro, Kecamatan Bongomeme dan Kecamatan Batudaa. Untuk jumlah personil yang disiagakan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta membantu masyarakat yakni sebanyak 267 personil.

“Biasanya setiap tahun di wilayah Kabupaten Gorontalo sering terjadi kemacetan dan ini pula yang turut kami antisipasi lewat rekayasa jalan yang telah dibuat. Kami pun berharap agar masyarakat bisa taat dan tertib berlalu lintas, karena tidak sedikit kecelakaan terjadi pada perayaan ketupat ini,” ungkapnya.

Kapolres Bone Bolango sendiri, AKBP Robin Lumban Raja,SIK menyampaikan, di wilayah Bone Bolango sendiri ada tiga titik yakni di Kecamatan Kabila, Kecamatan Suwawa dan Kecamatan Bulango Selatan.
“Kami menurunkan kurang lebih 150 personil untuk melakukan pengamanan dalam perayaan ketupat kali ini,” ujarnya.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar