Selasa, 25 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PMI Harus Jadi Garda Terdepan Saat Terjadi Bencana

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 14 Desember 2021 | 12:05 PM Tag: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat melantik pengurus PMI Kecamatan Kwandang, Senin (13/12/2021).

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja secara sukarela terutama memberikan bantuan kepada masyarakat tanpa pamrih. Alasannya, karena PMI harus jadi garda terdepan saat terjadi bencana. 

Ini diungkapkan Indra Yasin saat melantik pengurus PMI Kwandang, Senin (13/12/2021) periode 2021-2026. Menurut Indra Yasin, pengurus Kecamatan Kwandang merupakan pengurus pertama yang dilantik. 

“Saya berharap PMI ini, seperti mottonya sukarela dan disana saya sudah sampaikan, tadi bahwa kita mempunyai tugas yaitu bagaimana memberikan bantuan kepada masyarakat tanpa pamrih, tanpa melihat suku bangsa, dan agama,” tegas Indra Yasin.

Lebih lanjut Indra Yasin mengatakan tugas pertolongan yang dilakoni oleh PMI terutama untuk pelaksanaan donor darah. Jadi PMI memberikan pertolongannya ketika masyarakat membutuhkan pertolongan terutama khusus untuk donor darah.

“Karena tugasnya terkait dengan pertolongan, maka PMI harus peka terhadap lingkungan sekitarnya. Itu salah satu tugasnya PMI adalah donor darah, oleh karena itu PMI harus peka dengan sekitarnya, terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan donor darah,” kata Indra Yasin.

Ketika terjadi bencana, maka PMI harus berada pada garda paling depan karena tentunya di daerah yang terkena bencana membutuhkan kehadiran dari PMI. 

“Tentu juga saat terjadi bencana maka PMI juga berada paling depan untuk membantu dengan BPBD karena di daerah yang terkena bencana membutuhkan kehadiran mereka,” jelasnya.

Dan yang paling terakhir, bupati berharap agar pengurus PMI dapat merumuskan program yang tidak banyak namun pada intinya program tersebut dapat menyentuh kebutuhan masyarakat. 

“Saya berharap pengurus PMI Kecamatan Kwandang yang mudah-mudah, mereka bisa merumuskan program program yang tidak terlalu banyak tapi bisa menyentuh kepentingan orang banyak yang membutuhkan,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar