Polisi temukan alat berat di lokasi PETI, Saritani-Wonosari. (Foto: Istimewa)

Polisi Tertibkan Tambang Emas Ilegal di Boalemo

Metropolis

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepolisian Resor (Polres) Boalemo turun melakukan operasi penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Boalemo.

Sebanyak 132 Personel dikerahkan di lokasi PETI, yang berlokasi di Desa Saritani, Kecamatan Wonosari, belum lama ini.

banner 728x485

Operasi yang dipimpin oleh Kasat Reskrim, IPTU Andhira Berlian Utami Salindeho itu, digelar selama 2 Hari, 11 hingga 12 Januari 2023.

Kapolres Boalemo, AKBP Deddy Herman, mengatakan, operasi itu guna menjaga keseimbangan ekosistim alam, agar tetap terjaga.

“Pertambangan akan membawa dampak, di antaranya limbah yang berpotensi mencemari air sungai. Sehingga warna air sungai menjadi keruh, asam, dan menyebabkan pendangkalan sungai akibat endapan pencucian,” jelasnya.

Kapolres menerangkan, hasil penelitian menunjukkan, bahwa dampak sosial yang ditimbulkan akibat penambangan emas, adalah peralihan pekerjaan masyarakat menjadi penambang emas dan terjadinya kecelakaan, serta kematian saat melakukan kegiatan penambangan.

Adapun dampak ekonomi yang ditimbulkan, yaitu peningkatan pendapatan masyarakat. Sedangkan dampak lingkungan yang ditimbulkan, adalah kerusakan lahan pertanian dan terjadinya banjir, atau longsor.

“Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi itu semua. Kami lakukan guna memberantas pertambangan liar di Wilayah Boalemo,” tandasnya.(*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *