Kabar Nusantara

Polri-Dewan Pers Deklarasi Pemilu Damai 2024 Bersama Pimpinan Media

×

Polri-Dewan Pers Deklarasi Pemilu Damai 2024 Bersama Pimpinan Media

Sebarkan artikel ini
Deklarasi Pemilu Damai
Deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan oleh para pemimpin redaksi media massa, Divisi Humas Polri dan Dewan Pers. (Foto: Dok. Polri)

Hargo.co.id, JAKARTA – Puluhan pemimpin redaksi media massa, Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai.

badan keuangan

Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024 ini menjadi komitmen bersama sebagai bentuk sinergitas menghadapi pesta demokrasi.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menjelaskan, deklarasi tersebut merupakan pernyataan bersama untuk sebuah kesepakatan.

badan keuangan

Dimana, pemilu harus damai, punya semua pihak dan memiliki tanggung jawab moril. Diharapkan dengan demikian, pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, dan bermartabat.

“Kita semua perlu menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk dan kebhinekaan yang sudah lama terbangun,” kata Sandi, Sabtu (28/10/23).

“Mari kita jaga bersama semua,” tambah Kadiv Humas.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu mengatakan, peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesat demokrasi tersebut.

Menurutnya, berbagai upaya pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024 pun harus dilakukan bersama-sama.

“Media dan pers bukan menjadi contoh, tapi menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers,” kata Ninik.

Ia juga mengingatkan, pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia karena angat berpengaruh menjadikan masyarakat untuk berlartisipasi aktif.

Selain itu, pers juga menjadi pemberi informasi akurat, hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol dan mengelola daya pikir masyarakat. Juga menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

Ketua dewan Pers juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolri dan Pak Kadiv Humas atas inisiasi deklarasi ini.

“Atas nama Dewan Pers dengan seluruh konstituen para jurnalis dan pimpinan redaksi, saya ucapkan terima kasih,” kata Ninik.(*)

Rilis: Humas Mabes Polri

Berita Terkait:  Polisi Tembak Polisi, Densus 88 Buka Suara