Gorontalo

Prediksi Terjadi Elnino, BMKG Imbau Petani Optimalkan Sumber Daya Air

×

Prediksi Terjadi Elnino, BMKG Imbau Petani Optimalkan Sumber Daya Air

Sebarkan artikel ini
Prediksi
Prakirawan BMKG Gorontalo, Richard Ering ketika diwawancarai awak media, Kamis (22/6/2023). (Foto: Nazlia Busra untuk Hargo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Prediksi terjadi Elnino, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) imbau para petani optimalkan sumber daya air yang ada.

badan keuangan

Elnino sendiri merupakan aktivitas menghangatnya suhu dan pengurangan intensitas curah hujan. Fenomena ini sedang berlangsung di Samudra Pasifik dan diprediksi akan terjadi di wilayah Indonesia.

Prakirawan BMKG Gorontalo, Richard Ering mengatakan, pada maret 2023 kemarin, pihaknya menyampaikan bahwa peluang terjadinya elnino sebesar 60 persen.

badan keuangan

Ia mengatakan, kemungkinan tersebut kini telah menjadi  80 persen dengan melihat perkembangan yang ada.

“Hal ini selaras dengan prediksi dari pusat iklim dunia yang melihat peluang terjadinya elnino. Itu diperkirakan akan terjadi mulai pertengahan tahun dengan level lemah hingga kuat,” kata Richard

Richard juga menjelaskan, adanya hujan sekarang belum memenuhi syarat pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan.

“Hujan yang sementara terjadi sekarang itu belum memenuhi syarat untuk merubah status musim kemarau,” ujar Richard

Menurutnya, akibat dari aktivitas Elnino ini akan turut berdampak pada sektor pertanian. Khusus untuk wilayah Gorontalo sendiri diprediksi akan terus menguat hingga bulan November.

“Untuk itu masyarakat diimbau dapat mengoptimalkan sumber daya irigasi serta membuat waduk sebagai cadangan air nanti,” pungkasnya. (*)

Penulis: Nazlia Busra, Sri Dewila Kasiaradja/Mahasiswa Magang UNG

Berita Terkait:  Evaluasi Program Kerja Dinas P2PA, Penjagub: Teruslah Bersemangat


hari kesaktian pancasila