Provinsi Gorontalo Kebagian 20 Ribu Keping Blangko KTP El

Gorontalo
Kadis Dukcapil-PMD Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri saat berkonsultasi dengan Sekretaris Ditjen Dukcapil, Hani Syopiar Rustam di Kantor Ditjen Dukcapil, Jakarta, Jumat (24/2/2023). (Foto: Istimewa)
  Kadis Dukcapil-PMD Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri saat berkonsultasi dengan Sekretaris Ditjen Dukcapil, Hani Syopiar Rustam di Kantor Ditjen Dukcapil, Jakarta, Jumat (24/2/2023). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Provinsi Gorontalo mendapatkan sebanyak 20 ribu Keping Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri usai menandatangani berita acara serah terima Blangko KTP elektronik tersebut, Jumat (24/2/2023).

banner 300x300

“Selama ini ada Aspirasi dari Dukcapil Kabupaten Kota untuk Permohonan Blangko KTP elektronik. Nah, Kami di Provinsi berusaha memfasilitasi ini. Saya juga sempat bertemu dengan Pak Dirjen dan Berkonsultasi dengan Sekretaris Ditjen Dukcapil,” kata Slamet Bakri.

Dirinya mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk secepatnya menyalurkan Blangko KTP elektronik tersebut kepada Masyarakat Melalui Dinas Kependudukan Kab/Kota sebab disamping hal ini merupakan kelengkapan Administrasi Kependudukan, KTP-el Merupakan Identitas Setiap Warga Negara.

“Alhamdulillah hari ini kita difasilitasi sebanyak 20 ribu Keping KTP-el. Tadi saya sudah tandatangani berita acara Penerimaannya. Nanti ini secepatnya akan kita salurkan karena Masyarakat Sangat membutuhkan KTP-el ini sebagai bagian dari Warga Negara,” katanya menambahkan.

banner 728x485

Slamet Bakri berharap, dengan difasilitasinya KTP- elektronik ini bisa membantu Masyarakat yang dapat digunakan sebagai Identas diri sebab Dasar untuk melakukan pelayanan kepada Masyarakat adalah Identitas diri. Tanpa Identitas, Masyarakat tidak dapat dilayani sehingga ini merupakan kewajiban Pemerintah untuk hadir ditengah Masyarakat untuk memfasilitasi setiap warga negaranya.

“Perekaman KTP-el di Provinsi Gorontalo saat ini sudah hampir 99 persen. Saat ini masih tersisa kurang lebih 23 ribu Penduduk masyarakat Gorontalo yang belum melakukan perekaman, termasuk penduduk pemula yang akan berumur 17 tahun,” katanya mengungkapkan .

Slamet juga Menyampaikan Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kota melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atas Upaya dan Kerja kerja yang dilaksanakan selama ini untuk memberikan Pelayanan yg baik dan Maksimal kepada Masyarakat.

Disamping itu, Slamet Bakri juga Menyampaikan bahwa saat ini masyarakat sudah dapat mengakses KTP Digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD). Sehingga, apabila KTP-el tercecer maka Mayarakat dapat mengakses melalui Alat Kemunikasi Android untuk dipergunakan dalam segala keperluan Identitas Diri.

“Sehingganya saat ini staf Dinas Kabupaten Kota dan Provinsi sedang mensosialisasikan sekaligus membeirkan petunjuk terkait cara untuk memperoleh atau mengakses Aplikasi kependudukan Digital sehingga setiap Penduduk yang sudah Berumur 17 Tahun sudah Dapat Memperoleh IKD atau Identitas kependudukan Digital,” katanya menerangkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Dukcapil Dinas PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo, Amran Pahrun mengatakan, 20 ribu keping Blangko KTP El tersebut akan disalurkan ke Kabupaten Kota sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

“Nanti akan kita bagi secara proporsional, sesuai dengan jumlah penduduk dan akan kita lihat juga sisa blangko KTP elektronik yang ada di kabupaten kota. Insyaallah ini secepatnya akan kita salurkan sehingga bisa digunakan sebelum bulan Ramadhan nanti,” dirinya menandaskan.(***)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *