Monday, 27 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rusli Habibie Berhasil Bawa Gorontalo Posisi Kedua Nasional Indeks Demokrasi Tinggi

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Wednesday, 8 September 2021 | 19:05 PM Tags: ,
  Juru bicara Gubernur (kiri) mendampingi Gubernur Rusli saat wawancarai oleh media. (Dok : sebelum pandemi Covid-19). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Meskipun pernah diterpa isu bahwa Pemerintah Provinsi Gorontalo anti atau alergi dengan kritikan, namun faktanya, rilis Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Provinsi Gorontalo berada pada posisi kedua nasional Indeks Demokrasi Tertinggi.

Berdasarkan data BPS, kebebasan sipil di tahun 2012 ada diangka 73,25 dan pada tahun 2020 berada diangka 86,42. peningkatan yang sama terjadi pda hak-hak politik dimana pada tahun 2012 ada diangka 50,76 kemudian naik menjadi 75,89 pada tahun 2020.

Sementara itu untuk lembaga demokrasi, tahun 2012 berada diangka 55,59 dan naik drastis pada tahun 2020 menjadi 90,89. Hal ini menggambarkan bahwa pertumbuhan demokrasi di Gorontalo semakin baik ditangan Gubernur Rusli Habibie.

Daerah yang dulunya berada pada desain sentralistik selama puluhan tahun kemudian harus dengan cepat beradaptasi mengikuti tuntutan dan perubahan mendasar sistem pemerintahan Indonesia, yang disebut demokratis.

Juru Bicara Gubernur Gorontalo Noval Abdussamad meyakini bahwa pencapaian ini tidak lepas dari komitmen berbagai pihak terhadap penerapan nilai-nilai demokrasi di Gorontalo.

“Banyak elit politik yang merasa merakyat namun gagal menanamkan nilai-nilai demokratis dilingkungan dan kelompoknya. Saya bersyukur karena Pak Rusli Habibie benar-benar melebihi ekspektasi dalam menjalankan pemerintahan,” ujar Noval Abdussamad.

Ia juga menambahkan, selain sangat merakyat, Rusli Habibie dalam kepemimpinannya selalu mengedepankan aspirasi dan kehendak rakyat. Ia juga selalu memberikan contoh sebelum memerintahkan sesuatu, ini kemajuan sangat berarti bagi pertumbuhan demokrasi di Gorontalo. Patut menjadi contoh dan teladan untuk pemimpin lainnya, dan Rusli Habibie juga berhasil sebagai pemimpin,” tandas Noval Abdussamad.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar