Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Save Danau Limboto, Modal Patungan Bikin Karya Luar Biasa

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 31 Agustus 2016 | 13:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Upaya penyelamatan danau limboto tak hanya melalui proyek ratusan miliar rupiah yang kini digelontorkan pemerintah. Para pelaku seni pun ikut ambil bagian. Dengan modal patungan, mereka menggelar pagelaran seni di tempian danau Limboto, Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/8).

Pentas seni ini, mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dengan danau yang telah ditetapkan sebagai danau kritis di Indonesia itu. Pentas khusus aksi penyelamatan danau dan hari proklamasi ini, ikut melibatkan pelaku seni dari Belgia dan Bali.

banner 728x485

Awalnya, pada 14 Agustus 2016 lalu, komunitas seni kelapa batu mengarak garuda raksasa ke tepian danau, atau tepat di museum pendaratan pesawat Amphibie yang ditumpangi Presiden RI Soekarno, desa Iluta, Kabupaten Gorontalo.

Burung raksasa yang membelakangi Danau Limboto ini seketika menjadi perhatian, tak sedikit wisatawan yang datang. Juga dilakukan Pameran foto Soekarno, pentas seni tari, dan baca puisi. Saat pagelaran seni tari dan baca puisi, kemarin, jumlah pengunjung membludak.

Warga memadati kawasan itu. Mereka ingin menyaksikan pentas seni di-atas danau. Pengunjung yang didominasi oleh kaum muda itu tampak menikmati iringan musik tarian yang kental dengan nuansa musik klasik Gorontalo.

Selain ketukan suara dari dua musisi Gorontalo yang juga memainkan dua alat musik khas Gorontalo, yaitu Polopalo dan Rebana. Beberapa kali, tepukan tangan penonton terdengar saat para penari menampilkan gerakan tari yang memang terlihat unik dan indah itu.

Sedianya sejak 14 Agustus lalu, kawasan yang dikenal dengan sebutan pendaratan Soekarno itu memang selalu ramai. Sebab terdapat garuda raksasa karya komunitas Kelapa Batu Gorontalo. Di tempat ini juga terdapat pesan-pesan moral yang mengajak yang membacanya untuk peduli dengan danau Limboto.

Seperti poster berukuran raksasa bertuliskan. “yang kalian lakukan untuk danau limboto itu jahat”.

(Visited 21 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar