Minggu, 24 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



SDM Lokal Diharapkan Manfaatkan Peluang yang Ada

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:05 PM Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut) Deisy S. Datau meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan peluang yang ada. Ini terkait dengan perekrutan guru lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).  

“Melihat hasil pelaksanaan seleksi tahap pertama untuk guru PPPK yang mana kuota kebutuhan yang diajukan yakni 802 orang. Sementara yang memanfaatkan peluang tersebut hanya sebanyak 764 orang dan jumlah tersebut terus berkurang sampai pada hari pelaksanaan seleksi tahap pertama diikuti oleh 552 peserta,” katanya. 

Lanjut katanya, ini sebuah peluang yang sangat besar bagi SDM lokal. Apalagi guru kebutuhannya sangat banyak dan yang menjadi honor juga sangat banyak. Ditambahkan, dari 552 orang yang ikut tersebut yang dinyatakan lulus passing grade hanya 184 orang dan yang tersisih jumlahnya cukup banyak juga yakni 364 orang. 

“Sesuai informasi untuk seleksi guru ini sampai 3 tahapan. Bagi mereka yang tidak lolos pada tahapan pertama, diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tahapan kedua yang mungkin jadwalnya mengalami kemunduran,” jelasnya.

Menurut Deisy S. Datau, sesuai dengan informasi yang didapatnya, salah satu alasan banyak yang tidak ikut mendaftar pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kategori PPPK, karena ada kabar yang beredar bahwa ketika ikut PPPK dan telah lolos, tidak bisa untuk ikut lagi dalam seleksi CASN. 

“Tentunya kabar berita seperti itu harus ditelusuri dengan seksama, apakah sumbernya dapat dipercaya atau tidak,” tegasnya.

Selain itu juga, kedepan terhadap kebijakan pemerintah kita tidak bisa menebak kedepannya. Sebenarnya dalam regulasi sudah jelas bahwa PPPK disebut juga dengan ASN, yang segala haknya sama, yang berbeda hanyalah pada dana pensiun yang tidak dimiliki oleh PPPK.

Untuk itu, Deisy S. Datau berharap agar SDM lokal dapat melihat peluang kerja yang ada untuk dapat mengikutinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar