KPU

Seleksi PPS di Gorut Berakhir, Hasilnya Diumumkan Pekan Ini

×

Seleksi PPS di Gorut Berakhir, Hasilnya Diumumkan Pekan Ini

Sebarkan artikel ini
Seleksi PPS di Gorut Berakhir, Hasilnya Diumumkan Pekan Ini
Proses seleksi wawancara calon anggota PPS oleh KPU Gorut.

Hargo.co.id GORONTALO – Seleksi panitia pemungutan suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) resmi berakhir.

badan keuangan

Seleksi PPS sendiri mulai dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorut sejak sejak 21 Mei 2024 yang diikuti oleh 649 orang.

Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pamarmas dan SDM KPU Kabupaten Gorut, Yanti Halalangi mengatakan, seleksi PPS dilakukan pihaknya di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Gorut.

badan keuangan

“Pelaksanaan seleksi dilakukan disetiap kecamatan, dan hari terakhir ini menyisahkan 6 desa di Kecamatan Kwandang,” ungkap Yanti.

Diungkapkannya, hasil dari seleksi akan diumumkan pada Jumat (24/05/2024) besok.

“Hasilnya sama seperti PPK kemarin, akan dirangking hasilnya dan peringkat satu sampai tiga yang akan dilantik. Sedangkan peringkat empat sampai enam sebagai cadangan PAW (Pengganti antar waktu),” tegas Yanti.

Yanti juga mengungkapkan, seleksi PPS sempat diperpanjang oleh pihaknya. Perpanjangan dilakukan, ucap dia, saat tahapan pendaftaran.

“Namun dalam proses perpanjangan waktu tersebut, tidak ada lagi calon yang mendaftar,” sambung Yanti.

Balik ke hasil seleksi PPS. Menurut Yanti, para anggota PPS yang ranking satu sampai dengan tiga dimasing-masing desa akan dilantik dan diambil sumpahnya pada 26 Mei 2024 mendatang, yang akan langsung dibekali dengan Bimtek.

“Setelahnya mereka akan langsung tancap gas melaksanakan tugas dan kerjanya sesuai dengan tupoksi yang diatur,” ucap Yanti.

“Kami tentunya berharap agar para anggota PPS ini dapat segera menyesuaikan diri dalam pelaksanaan tugasnya nanti ketika usai dilantik.

Karena pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada dapat maksimal ketika semua pihak yang terkait didalamnya

dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal sesuai tupoksi masing-masing,” tutup Yanti.(*)

Berita Terkait:  Wujudkan Transparansi Pemilu, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Entry Meeting

Penulis: Alosius Marthen Budiman