Pembersihan material lumpur tanah longsor yang melanda Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Rabu (25/1/2023). (Foto: Istimewa)

Sempat Terhalang Longsor, Akses Buol-Gorut Sudah Bisa Dilalui

Indonesia 99 Kata Metropolis

Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) bergerak cepat membersihkan material lumpur yang menghalangi jalan akibat tanah longsor yang melanda Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorut, Rabu (25/1/2023) malam.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo Utara, Sumitro Datunsolang mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk menangani bencana tersebut. Pagi tadi, kata dia, pembersihan material tanah longsor sudah mulai dilakukan.

banner 728x485

“Teman-teman sudah menuju ke lokasi untuk menangani bencana tersebut. Kami juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak,” kata Sumitro Datunsolang saat dihubungi Hargo.co.id, Kamis (26/1/2023) pagi tadi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Gorontalo Utara, Rully Tanaiyo mengatakan, satu unit alat berat excavator sudah berada di lokasi untuk membersihkan material banjir yang menghalangi jalan.

“Iya, kami berkoordinasi dengan Balai jalan untuk bantuan alat berat guna mempermudah pembersihan material. Teman teman dari TNI-Polri dan beberapa pihak serta masyarakat juga turut membantu membersihkan jalan dari material lumpur,” kata Rully Tanaiyo.

Saat berita ini diturunkan, akses jalan yang merupakan penghubung Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah tersebut sudah bisa dilalui kendaraan. Meski begitu, pengendara harus berhati-hati karena kondisi jalan  yang masih sedikit berlumpur.(*) 

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *