Selasa, 25 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Semua Aman, Warga Diminta Tak Pilih-Pilih Vaksin

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Selasa, 21 Desember 2021 | 20:05 PM Tag: ,
  Salah seorang warga saat menerima vaksinasi. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Semakin beragamnya pilihan vaksin Covid-19 yang beredar menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat terkait jenis vaksin mana yang paling baik. Menanggapi hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo memastikan semua jenis vaksin yang ada sama baiknya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengimbau masyarakat untuk tidak pilih pilih jenis vaksin ketika melakukan vaksinasi, sebab kata dia, semua jenis vaksin yang ada memiliki mutu, khasiat dan keamanan yang sama. 

“Jangan memilih-milih vaksin, semua jenis vaksin yang ada sudah melewati prosedur dalam pembuatannya. Sehingga, vaksin yang ada ini memiliki mutu dan khasiat serta terjamin keamanannya,” kata Roni Sampir kepada Hargo.co.id, Selasa (21/12/2021). 

Dirinya mengakui, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda beda setelah menerima vaksinasi. Meski begitu, kata Roni Sampir, Efek samping tersebut memang telah diketahui dalam proses uji klinis.

“Kalau Vaksin ini tidak aman, tidak mungkin mendapatkan rekomendasi dari balai POM,” ujarnya memastikan. 

Roni Sampir menambahkan, Hal yang terpenting dalam kondisi saat ini adalah mewujudkan Herd Immunity untuk meningkatkan perlindungan diri sendiri maupun orang disekitar. Hal tersebut, kata Roni Sampir, akan sulit terwujud jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat. 

“Pada intinya semua vaksin itu bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid-19 karena yang terpenting sekarang ini adalah mewujudkan Herd Immunity untuk meningkatkan perlindungan diri sendiri maupun orang disekitar,” kata Roni Sampir. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar