Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Soal Unas CBT di Gorontalo Diunduh Saat Ujian

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 30 Maret 2016 | 12:29 Tag:
  

Hargo.co.id GORONTALO – Tak kurang dari sepekan lagi, ujian nasional (Unas) jenjang SMA/SMK/MA sederajat akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia.

Konsentrasi siswa, guru, pengawas dan panitia Unas serta dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga (Dikbudpora) provinsi Gorontalo mulai terfokus. Bahkan beberapa sekolah sudah mulai menggelar dzikir bersama untuk mendoakan agar jalannya unas bisa sukses dan memperlihatkan hasil terbaik.

Dikonfirmasi kepala Dikbdupora provinsi Gorontalo Weni Liputo mengatakan bahwa Selasa (30/3) seluruh kepala dinas pendidikan se Indonesia diundang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membicarakan kesiapan jelang Unas yang tak kurang dari satu pekan ini.

“Kami semua dikumpulkan untuk membicarakan Unas baik ujian berbasis kertas maupun ujian berbasis komputer (computer based test/CBT). Dan allhamdulillah Gorontalo secara teknis sudah sangat siap,” ucap Weni yang dihubungi via telepon, semalam.

Lanjut dikatakan Weni tahun ini jumlah siswa yang melaksanakan unas mencapai angka 37.232 siswa baik di jenjang SMA,SMK maupun MA. “Untuk CBT itu berjumlah 4.194 siswa, sementara yang menggunakan kertas 33.038 siswa,” terang pria yang pernah menjabat sebaga penjabat Walikota Gorontalo itu.

Pejabat provinsi yang juga aktif di dunia olahraga itu menjelaskan untuk teknis pelaksanaan ujian CBT sudah 100 siap. Baik dari medianya, jaringan, listrik hingga siswa. “Insyaallah semuanya sudah sangat siap. Untuk listrik kami sudah konsultasi dengan PLN dan mengharapkan agar tidak ada pemadaman selama empat hari atau selama pelaksanaan Unas berjalan. Sementara jaringan internet pun seperti itu, kami sudah berbicara dengan telkom agar pada saat pengunduhan soal, jaringannya bisa bagus. Sebab untuk Gorontalo tidak banyak sekolah yang menerapkan ujian CBT,” paparnya.

Sementara untuk mengunduhan soal sendiri, dikatakan Weni Liputo akan dilakukan pada hari H atau saat ujian akan berlangsung. “Formatnya sudah seperti itu. Tinggal proctor atau teknisi yang mengerjakan tugasnya pada saat pengunduhan soal dari Kemendikbud. Dan kami pastikan bahwa soal untuk Unas CBT aman 100 persen,” pungkas mantan assisten I pemprov Gorontalo itu. (ndi/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar