Salah satu mobil yang terjebak akibat longsor di Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (25/1/2023) malam. (Foto: Tangkapan layar video)

Sumalata Diterjang Longsor, Tiga Mobil Terjebak, Akses Sumalata-Tolinggula Sempat Putus

Indonesia 99 Kata Metropolis

Hargo.co.id, GORONTALO – Bencana tanah longsor melanda Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Rabu (25/1/2023) malam.

Informasi yang berhasil dihimpun, lokasi longsor terjadi tepat di depan kediaman Kepala Desa Lelato, turunan jalan baru ke dusun Ulea, tak jauh dari Puskesmas Sumalata. Akibat musibah ini, tiga buah mobil yang tengah melintasi ruas jalan Trans Sulawesi terjebak ditengah longsor. Material longsor yang tingginya kurang lebih satu meter itu membuat tiga mobil itu tak bisa bergerak, meski telah dilakukan berbagai upaya.

banner 728x485

Terinformasi, dari tiga mobil yang terjebak salah satunya ditumpangi oleh salah seorang alumnus UNG.

Tidak hanya berdampak pada tiga mobil itu, longsor juga membuat akses jalan dari Sumalata menuju Kecamatan Biau dan Tolinggula tak bisa dilalui. Begitu pula sebaliknya. Hal ini dikarenakan timbunan longsor sepanjang 100 meter di badan jalan utama Trans Sulawesi.

“Iyo. Ada longsor tadi malam. Jalan sempat putus. Taman-taman sopir tidak bisa lewat tadi malam,” kata Upe Warga Sumalata ketika diwawancarai Hargo.co.id, Kamis (26/1/2023).

Upe mengungkapkan, akses jalan bisa dilalui setelah warga setempat dibantu sejumlah aparat pemerintah, TNI dan Polri melakukan pembersihan material longsor.

“Tadi sekitar jam 7 lewat so boleh mo lewat akan,” ujar Upe yang kesehariannya berprofesi sebagai sopir transportasi umum Tolinggula-Kota Gorontalo.

Beruntung kejadian ini tak menelan korban jiwa. Hingga berita ini dilansir, awak media tengah menghimpun data kerusakan fasilitas umum dan rumah warga yang tertimpa longsor. (*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *